HONDA

Amerika Juara Umum Olimpiade Tokyo, Indonesia Tetap di Urutan 55

Amerika Juara Umum Olimpiade Tokyo, Indonesia Tetap di Urutan 55

 

RB ONLINE -  Amerika Serikat akhirnya menahbiskan diri sebagai negara terkuat di ajang olimpiade Tokyo 2020. Negeri adidaya itu, keluar sebagai juara umum sekaligus sebagai negara peraih medali terbanyak

Di hari terakhir, Minggu (8/8) negeri paman sam itu menambah koleksi 3 medali emas. Dikutip dari situs resmi olimpiade, olympics.com, total Amerika Serikat meraih 39 medali emas, 41 perak dan 33 perunggu.

BACA JUGA: Posisi Indonesia di Olimpiade Tokyo Urutan 55

Adapun Cina, harus puas di urutan kedua dengan 38 emas, 32 perak dan 18 perunggu. Sedangkan tuan rumah, Jepang di urutan ketiga dengan raihan 27 emas, 14 perak dan 17 medali perunggu.

AS melanjutkan dominasi mereka yang selalu menjadi juara umum Olimpiade dalam enam dari tujuh edisi terakhir sejak Olimpiade Atlanta 1996, kecuali saat Cina menjadi raja di tanah sendiri dalam Olimpiade Beijing 2008.

Tim bola basket putri menjadi penyumbang medali emas pertama AS di hari terakhir seusai menundukkan tuan rumah Jepang dengan 90-75 di Saitama Super Arena.

Pundi-pundi emas ditambah dari pebalap sepeda Jennifer Valente juga menyumbangkan medali emas setelah memenangi nomor balap sepeda trek omnium putri di Izu Velodrome, sementara wakil tuan rumah Yumi Kajihara memperoleh perak dan perunggu didapatkan pebalap sepeda Belanda Kirsten Wild.

BACA JUGA: Basket Putri USA Raih Emas Olimpiade ke Tujuh Beruntun

Emas terakhir AS di hari penutup disumbangkan oleh tim bola voli putri mereka yang secara gemilang melumat Brazil dengan skor 3-0 di Ariake Arena.

Sementara AS panen tiga medali emas tambahan disertai dua perak, Tiongkok sepanjang hari Sabtu hanya memperoleh satu medali perak melalui petinju Li Qian yang kalah melawan wakil Britania Raya Lauren Prince dalam final kelas menengah (69-75kg) putri. Indonesia di Bawah Filipina

Bagaimana dengan posisi merah putih? Dengan raihan 1 medali emas, 1 medali perak dan 3 medali perunggu, Indonesia berada diurutan 55.

Dibanding negara-negara kawasan Asia Tenggara, Indonesia masih kalah dengan Fillipina yang bertengger di urutan 50 dengan 1 medali emas, 2 perak 1 perunggu.

Sedangkan Thailand, diurutan 59 dengan 1 medali emas dan 1 perunggu. Adapun negara tetangga, Malaysia di urutan 74, dengan 1 medali perak dan 1 medali perunggu. Baca Selanjutnya>>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: