BANNER KPU
HONDA

Tes PPPK Penyuluh Pertanian, 34 Peserta dari TBP Kementerian Pertanian

Tes PPPK Penyuluh Pertanian, 34 Peserta dari TBP Kementerian Pertanian

 

ARGA MAKMUR – Sebanyak 36 peserta tes PPPK khusus penyuluh pertanian Bengkulu Utara (BU) kemarin mengikuti tes di Universitas Bengkulu. Mereka memperebutkan 18 kuota formasi yang dibutuhkan untuk PPPK penyuluh yang ditugaskan di BU.

Menariknya, dari 36 peserta itu, 34 peserta diantaranya adalah Tenaga Bantu Penyuluh (TBP) Pertanian dari Kementerian Pertanian (Kementan). Mereka dalah tenaga non PNS Kementerian Pertanian yang ditugaskan menjadi penyuluh pertanian di BU. Sedangkan dua lagi adalah peserta yang menyertakan pengalaman kerja sebagai karyawan swasta di bidang pertanian.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manbusia (BK-PSDM) Drs. Setyo Budi Raharjo, M.Pd menuturkan jika memang khusus PPPK penyuluh wajib menyertakan surat keterangan pengalaman kerja. Baik dari Inspeksi pemerintah ataupun swasta.

“Mayoritas peserta adalah dari THL TBP dari Kementerian. Namun tidak ada point tambahan atau nilai. Hanya sebagai persyaratan untuk mendaftar,” katanya.

Dari 36 peserta, hanya 35 yang kemarin mengikuti tes serentak di Unib, sedangkan satu lagi sudah lebih dulu mengikuti tes lantaran bergabung dengan provinsi lain. Namun nantinya nilai akan tetap dirangkingkan dengan peserta lainnya.

“Karena memang PPPK ini hanya saut kali tes, sehingga nilai tertinggi sesuai kuota dipastikan lulus. Meskipun masih menunggu keputusan resmi dari BKN,” terangnya.

Senin (18/10) seluruh peserta hadir tepat waktu dalam mengikuti tes. Tidak ada peserta yang terlambat ataupun terpapar Covid-19. Mereka juga tetap wajib menunjukan bukti bebas Covid-19 baik PCR maupun swab antigen layaknya peserta tes CPNS. (qia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: