HONDA

Calon Kades Sumbangan Rp 2 Juta

Calon Kades Sumbangan Rp 2 Juta

BENGKULU TENGAH- Untuk menyukseskan pilkades, para calon kepala desa (kades) di Desa Sukarami, Kecamatan Taba Penanjung memberikan sumbangan uang sebesar Rp 2 juta untuk membantu pelaksanaan pilkades di desa tersebut. Pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Bengkulu Tengah akan digelar 20 November mendatang.

Salah seorang calon kades Sukarami, Ashardi membenarkan hal itu. Sumbangan Rp 2 juta ini merupakan hasil kesepakatan lima orang cakades bersama panitia pilkades tingkat desa. Tidak ada paksaan dalam bentuk apapun mengenai sumbangan ini.

"Kita setiap cakades menyumbang Rp 2 juta. Total keseluruhan yang terkumpul mencapai Rp 10 juta. Sumbangan ini untuk membantu anggaran pelaksanaan pilkades. Kita ketahui anggaran yang disediakan Pemkab Benteng untuk melaksanakan pilkades ini tidak cukup dan masih banyak mengalami kekurangan," ungkapnya.

Ashardi menambahkan di Desa Sukarami disiapkan tiga TPS, karena jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Desa Sukarami mencapai 1.354 orang. Sesuai aturan, setiap TPS maksimal jumlah DPT 500 orang, makanya khusus Desa Sukarami terdapat tiga TPS. Lima orang cakades yang menyumbang uang terdiri dari Adi Kusmoyo, Ashardi, Saripudin, Yunizar dan Riduan Romsa.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bengkulu Tengah Drs. Tomi Marisi M.Si mengatakan, sumbangan uang tersebut mungkin adanya kesepakatan antara para cakades. “Yang jelas, panitia tak boleh meminta uang pendaftaran kepada ke calon terkait pelaksanaan pilkades. Selain itu, anggaran untuk pilkades saat ini memang belum disalurkan. Proses pengajuan anggaran sedang dalam proses, mungkin saja panitia desa melakukan pinjaman atau lainnya. Sebab, tahapan sudah harus dilaksanakan," jelas Tomi.(jee)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: