HONDA

Distan Bengkulu Tengah Rehab Balai Penyuluhan hingga Puskeswan

Distan Bengkulu Tengah Rehab Balai Penyuluhan hingga Puskeswan

 

BENGKULU TENGAH, rakyatbengkulu.com - Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik penugasan pada Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) tahun depan mencapai Rp 8,2 miliar.

Adapun fokusnya pada perehaban balai penyuluh hingga puskeswan.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Bengkulu Tengah (Benteng) Endang Sumantri, SH, MH mengatakan, anggaran yang tersedia telah terbagi dalam 4 bidang.

Diantaranya bidang tanaman pangan dan holtikultura berupa perehaban dan pemeliharaan RMU atau mesin padi di Desa Penembang Kecamatan Merigi Kelindang dan Desa Pekik Nyaring Kecamatan Pondok Kelapa.

Bidang penyuluhan pertanian berupa rehab pembangunan balai penyuluhan pertanian di Kecamatan Pagar Jati dan rehab balai penyuluh pertanian di Desa Bajak 1 Kecamatan Taba Penanjung.

Kemudian, Bidang peternakan berupa pembangunan rehab puskesmas di Bajak Kecamatan Taba Penanjung, Desa Bajak II Kecamatan Merigi Kelindang dan Desa Pekik Nyaring Kecamatan Pondok Kelapa.

Rehab dan pemeliharaan pakan kosentrat unggas di Desa Srikaton, Sunda Kelapa dan Sidodadi.

Terakhir bidang sapras pertanian berupa rehab jalan produksi perkebunan di Desa Batu Raja, Durian Lebar, Marhomulyo, Penanding dan Jambu.

"Benteng tahun depan menerima DAK sekitar Rp 8,2 miliar. Peruntukkannya bervariasi. Ada perehaban balai maupun gedung puskeswan," kata Endang.

Lebih lanjut Endang menerangkan, perkiraan bergulirnya DAK pada Juni 2022 mendatang.

Dengan adanya perehaban maupun pemeliharaan diharapkan fasilitas maupun sapras kian membaik.

Di sisi lainnya, produksi pertanian lebih meningkat.

"Produksi di bidang pertanian ini diharapkan lebih meningkat dan para petani juga sejahtera," demikian Endang. (rds)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"