HONDA

Syarat Kuliah Offline, Sudah Vaksin Dua Kali

Syarat Kuliah Offline, Sudah Vaksin Dua Kali

   

BENGKULU, rakyatbengkulu.com – Berdasarkan Surat Edaran (SE) Rektor Universitas Bengkulu (Unib) nomor 743/UN30/HK/2022 tentang panduan pelaksanaan perkuliahan semester genap Tahun 2021/2022 dalam masa tanggap darurat Covid - 19 di lingkungan Universitas Bengkulu, proses belajar mengajar dilakukan secara luring atau hybrid (offline dan online). BACA JUGA: KEREN! SMKN 3 Go Internasional, Dua Lulusannya Diterima Kerja sambil Kuliah di Jerman

Di mana mahasiswa yang diperbolehkan mengikuti perkuliahan secara luring (offline) adalah mahasiswa yang telah mendapatkan vaksin dosis dua. Persyaratan tersebut juga berlaku bagi tenaga kependidikan, bagi dosen dan mahasiswa yang tidak memenuhi syarat dapat melakukan perkuliahan secara daring (online).

Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu, Yansen, S.Hut, M.App.Sc, Ph.D menjelaskan, Fakultas Pertanian di semester genap ini mulai menerapkan perkuliahan offline dengan gabungan metode asinkron.

Metode gabungan ini digunakan karena ada pembatasan jumlah di dalam ruangan 50 persen dari kapasitas ruang. Shift satu minggu pertama belajar offline dan shift kedua minggu pertama daring, dan bergantian.

Untuk persyaratan, mahasiswa pertanian diharuskan mendapatkan vaksin pertama dalam pengisian Kartu Rencana Studi (KRS). Artinya adalah, mahasiswa tersebut dalam proses menuju vaksin dosis ke dua.

“Ini merupakan bagian tangung jawab kita, dalam mencegar penyebaran Covid 19,” kata Yansen.

Yansen juga menambahkan, Untuk fasilitas pendukung protokol kesehatan juga sudah disiapkan, baik tempat cuci tangan, handsanitazer dan alat pengukur suhu. Sebelum memasuki gedung perkuliahan akan di wajibkan pengukuran suhu tubuh terlebih dahulu.

Semangat Meningkat

“Harapannya adalah dengan diberlakukannya proses belajar mengajar luring ini semangat mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan dapat lebih meningkat lagi,” ujar Yansen. BACA JUGA: Mayoritas Korban Investasi Bodong, IRT

Mahasiswa Fakultas Pertanian Jurusan Kehutanan angkatan 2021 Fajar husyaini ahmad menceritakan, mulai Senin (24/1) hari pertama untuk kuliah tatap muka, selama ini biasanya kuliah hanya via zoom sekarang sudah offline.

Ini merupakan waktu yang sangat ditunggu bagi mahasiswa angkatan 2021, karena selama ini sangat susah memahami pelajaran dari mata kuliah yang di jelaskan, setelah itu untuk bersosialisasi di kampus dengan mahasiswa yang lain juga sangat sulit dirasakan.

“Setidaknya kami pengen juga merasakan kehidupan kampus, dan akhirnya terkabulkan,” ungkap Fajar. Terpisah, PPID Unib, Yarjohan saat dikonfirmasi hanya menjawab singkat. “Untuk melaksanakan perkuliahan ini sudah banyak dilakukan,” singkatnya. (cw3)

Simak Video Berita 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: