HONDA

Kabar Baik, Kuota TPG Bengkulu Bertambah

Kabar Baik, Kuota TPG Bengkulu Bertambah

 

BENGKULU, rakyatbengkulu.com – Tahun ini, ada penambahan penerima kuota Tunjangan Profesi Guru (TPG) atau dulunya biasa disebut tunjangan sertifikasi. Operator Sistem Pembayaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu, Arfian Fitriadi MM, menjelaskan tahun 2021 lalu jumlah penerima TPG di Provinsi Bengkulu sebanyak 2.822 orang. BACA JUGA: Belum Divaksin, TPG Ditunda

Sementara untuk tahun ini ada penambahan penerima, yakni 30 orang berdasarkan nomor registrasi yang telah terbit. Tahapan program TPG saat ini dijelaskan, para guru SMA, SMK dan SLB sedang proses memasukan data pokok pendidikan (Dapodik) berbasis aplikasi komputer di sekolah masing-masing.

Baik itu mengenai jam mengajar guru tersebut dan berapa banyak tugas tambahan yang guru berikan.

Di Kota Bengkulu sendiri ada 1.732 guru SMA sederajat dan merupakan daerah penerima program TPG terbanyak. Hal itu dikarenakan banyaknya jumlah guru di kota Bengkulu yang sudah bersertifikasi.

“Kita berharap guru-guru antusias mengikuti program TPG ini, dan melengkapi syarat penunjang,” Kata Arfian.

Salah seorang guru yang pernah mendapatkan program TPG Helnaria S. Pd menceritakan,  mendapat TPG memang diundang melalui aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB). BACA JUGA: Bulog Luncurkan Beras Rafflesia Unggulan Bengkulu 

Aplikasi ini menjadi dasar untuk seorang guru agar dapat menjadi lebih ke arah yang diinginkan. Nantinya setelah mendapat undangan, guru akan menjalani pra tes,  jika lulus guru tersebut berhak lanjut menjalani Ujian Pengetahuan (UP) Pendidikan Profesi Guru (PPG) terlebih dahulu barulah guru tersebut mendapatkan sertifikasi untuk TPG.

Namun setiap tahun biasanya ada perubahan syarat mendapatkan program TPG ini. “Kalau nominal tergantung gaji pokok kita, sesuai golongan, dan akan cair sekali tiga bulan,” Kata Helna. (cw3)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: