HONDA

Caretaker Bupati Benteng, Gubernur Tunggu Instruksi

Caretaker Bupati Benteng, Gubernur Tunggu Instruksi

 

BENGKULU, rakyatbengkulu.com - Berkenaan dengan beberapa bulan menjelang habisnya masa jabatan Bupati Bengkulu Tengah (Benteng), pada 22 Mei 2022 ini, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menjelaskan saat ini pihaknya masih menunggu instruksi pemerintah pusat. Guna mengajukan nama-nama kandidat yang diusulkan menjadi caretaker Benteng tersebut.

“Saat ini belum ada petunjuk teknisnya. Kita masih menunggu,” kata Rohidin, Selasa (22/2). Dijelaskannya, sebelum  28 Mei nanti, pihaknya akan mengusulkan 3 nama, untuk menjadi kandidat caretaker Benteng.

Kendati demikian, ia masih enggan menyebutkan kandidat calon untuk  penyampaian nama nama pejabat yang bakal diusulkan. “Nanti mekanisme  sederhana, nanti kita akan lakukan pengusulan dari pejabat yang ada. Kita sampaikan ke Kemendagri,” papar Rohidin. BACA JUGA: Ini Bursa Kandidat Caretaker Bupati Benteng

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), disebutkan Pilkada baru akan digelar pada 2024. Pasal 201 UU Pilkada, penjabat merupakan pejabat pengganti gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota yang masa jabatannya sudah habis.

Penjabat diisi oleh aparatur sipil negara (ASN) yang menduduki jabatan pimpinan tinggi madya, baik di level pemerintah pusat maupun provinsi.

Serta dalam Pasal 201 UU Pilkada, penjabat merupakan pejabat pengganti gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota yang masa jabatannya sudah habis.

Sebagai wakil pemerintah pusat maka Pemprov Bengkulu akan mengusulkan penjabat dari kalangan eselon II provinsi kepada Kemendagri.

Untuk ditetapkan penjabatnya. Apalagi, untuk caretaker Benteng mulai 2022 sampai Pilkada itu di 2024. Artinya, bisa saja memiliki masa 3 tahun jabatan untuk caretaker ini, bila menunggu pelantikan hingga 2025 mendatang.    

Pejabat Terbaik
BACA JUGA: Analisa Petugas BKSDA: Buaya Muara di Selagan Terusik, Tak Niat Memangsa

Meskipun sempat beberapa nama pejabat eselon II Pemprov Bengkulu mulai muncul. Namun nama nama tersebut sempat dibantah oleh Sekda Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri. Ia menjelaskan, bahwasanya saat ini pihaknya masih menyimpan bakal kandidat untuk caretaker. Baik caretaker Benteng maupun Kota Bengkulu.

“Pak Gubernur belum pernah memberikan arahan untuk mengusulkan pejabat untuk caretaker Benteng. Tapi jelas kader terbaik, dari pejabat eselon II provinsi yang akan kita usulkan nanti,” kata Hamka.

Tentang rencana pengusulan kandidat untuk caretaker Benteng ini, H Ihsan Nahromi Lc MA, selaku Putra Ketua Presidium Pemekaran Kabupaten Bengkulu Tengah, sekaligus juga ex Anggota DPRD Provinsi Bengkulu 2009-2014 Dapil Bengkulu Tengah Dan Bengkulu Utara, mengatakan agar Gubernur nantinya bisa memilih pejabat yang dapat berkomunikasi dengan segala elemen di Benteng. Pasalnya, tidak sebentar caretaker itu akan memimpin Bengkulu Tengah. Baca Selanjutnya>>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: