HONDA

Niat Salat Tarawih untuk Makmum dan Dilakukan Sendiri di Rumah

Niat Salat Tarawih untuk Makmum dan Dilakukan Sendiri di Rumah

 

BENGKULU, rakyatbengkulu.com - Bulan suci Ramadan telah tiba. Umat Islam di seluruh dunia menyambut dengan penuh suka cita. Ramadan menjadi momentum bagi umat untuk meningkatkan amal ibadah, baik yang wajib maupun sunah.

Salah satu ibadah sunah yang dijalankan selama bulan suci Ramadan yakni salat Tarawih. Salat Tarawih bisa dilakukan secara berjamaah maupun sendiri. Dilakukan setelah salat Isya.

Jumlah rakaat salat Tarawih lebih banyak dibandingkan ibadah salat sunah lain. Sebagian mengerjakan 8 rakaat dengan 4 salam, sebagian lain 20 rakaat dengan 10 salam. Kemudian ditambah dengan salat Witir 3 rakaat.

Keutamaan salat Tarawih telah banyak diterangkan sejumlah hadis nabi Muhammad SAW. Tak heran bila banyak umat bersuka cita menjalankan ibadah sunah tersebut. BACA JUGA: Rp 30 Juta Uang THR dari Bupati Kaur

Masjid pun tampak penuh oleh masyarakat yang menjalankan ibadah salat Tarawih. Biasanya dilanjutkan dengan tadarus Alquran. Salah satu hadis yang menerangkan keutamaan salat Tarawih yakni hadis riwayat Imam Al-Bukhari, Muslim dan lainnya yang artinya:

“Barang siapa ibadah (Tarawih) di bulan Ramadan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau”

(HR al-Bukhari dan Muslim).

Sebelum memulai ibadah salat Tarawih, ada baiknya mengingat kembali bacaan niatnya. Jangan sampai berkurang amal ibadahnya lantaran salat melafalkan niat. Berikut ini bacaan niat salat Tarawih selama bulan Ramadan untuk makmum bila dilakukan secara berjamaah dan untuk dilakukan sendiri di rumah.

Bacaan niat salat Tarawih untuk makmum:

Ushalli sunnatat Tarawihi rak‘atayni mustaqbilal qiblati ada’an ma’muman lillihi ta‘ala.

Artinya:

"Aku menyengaja salat sunah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah Ta'ala." BACA JUGA: Trending Begini Tanggapan Lesti, Rizky Billar Minta Ditanya Tanggapannya

Selain dilakukan berjamaah yang biasanya dilaksanakan di masjid, selama masa pandemi Covid-19 ini aktivitas kegiatan masyarakat dikurangi. Banyak masyarakat yang memilih salat Tarawih di rumah dengan pertimbangan faktor kesehatan.

Berikut ini bacaan niat salat Tarawih jika dilakukan sendirian di rumah:

Ushalli sunnatat Tarawahi rak‘atayni mustaqbilal qiblati ada’an lillahi ta‘ala.

Artinya:

"Aku sengaja sembahyang sunah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai karena Allah Ta'ala."

Ibadah salat Tarawih dapat dilakukan di mana saja. Baik berjamaah di masjid maupun sendiri di rumah tak ada perbedaan khusus. Baca Selanjutnya>>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"