HONDA

Cek Harga TBS Sawit di Seluma

Cek Harga TBS Sawit di Seluma

 

SELUMA, rakyatbengkulu.com - Setelah libur lebaran 29 April - 3 Mei, saat ini pabrik kembali operasi menerima Tandan Buah Segar (TBS) sawit dari toke atau petani.

Penerima TBS rata - rata mulai dari tanggal 4 Mei lalu, sehingga petani dan toke sudah bisa menjual hasil panen yang sempat tertunda saat libur lebaran.

Salah satu pabrik CPO yang telah beroperasi dan meneraima TBS sawit pabrik  CPO PT. Agrindo Indah Persada (AIP) yang berada di Desa Tumbuan Kecamatan Lubuk Sandi mulai beroperasi. Kemudian PT. Bengkulu Sawit Lestari (BSL) dan lainnya. BACA JUGA: Di Bengkulu Utara, TBS Sawit juga Rendah

Di lokasi pabrik, seperti PT AIP tampak sejumlah mobil truk pengangkut TBS sawit antrean. Ini terjadi, lantaran setelah libur lebaran toke dan petani bersamaan menjual TBS sawit ke perusaahan CPO.

“Antrean mas. Karena ramai dan mungkin semua menjual TBS sawit bersama sehingga terjadi antrean," kata salah satu sopir truk Tukiran warga Desa Lunjuk.

Ia mengatakan, tidak hanya karena ramainya mobil truk yang menjual TBS. Tetapi juga pabrik CPO PT AIP tengah mengalami gangguan teknis sehingga banyak sopir yang memilih menginap. BACA JUGA: Hari Ini Mulai Pelunasan Ongkos Haji

Sejumlah sopir truk yang mengangkut TBS mengaku, sudah bermalam menginap untuk antre agar dapat segera dibongkar muatannya. “Sudah menginap, sampai sekarang belum ada tindak lanjutnya dari pihak perusahaan,” ujarnya.

Sementara itu, saat ini harga TBS di pabrik CPO PT Agrindo Indah Persada (AIP) per 7 Mei 2022 dihargai Rp 2.230/kg, turun Rp 150/kg berselang sehari.

Sementara itu, harga TBS di pabrik CPO PT. Bengkulu Sawt Lestari (BSL) per kilogramnya dihargai Rp. 1.490/kg.

Harga TBS kelapa sawit diprediksi kembali normal di atas Rp 3.000 satu bulan mendatang, setelah sebelumnya terjun bebas sebelum lebaran lalu dan membuat para toke merugi.

Namun kembali kepada kebijakan pemerintah terkait persoalan CPO dan minyak goreng. (juu)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: