HONDA

Tak Ada Rapel Gaji CPNS, Bank Buka Tawaran Pinjaman

Tak Ada Rapel Gaji CPNS, Bank Buka Tawaran Pinjaman

 

KEPAHIANG, rakyatbengkulu.com – Gaji 127 Calon Pegawai Negeri Sipil, akan dibayar setelah keluarnya Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas (SPMT).

Dalam artian, tidak ada rapelan gaji yang akan mereka terima.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Kabupaten Kepahiang Ardiansyah, SH, MH mengungkapkan setelah dikukuhkan dan dilantik, 127 CPNS Kepahiang akan menerima SK dan NIP dan langsung bekerja di OPD sesuai dengan formasi yang dilamar sebelumnya. BACA JUGA: Astaga! Kakek 69 Tahun Kepergok “Garap” Anak Bawah Umur

Selanjutnya melapor ke OPD masing-masing dan diterbitkan SPMT sebagai dasar untuk menjalankan tugasnya selaku CPNS.

“Memang SK atau NIP diterbitkan BKN April lalu, hanya saja untuk proses pemberian gajinya itu sesuai SPMT.

Artinya ketika mereka (CPNS, red) mulai bekerja Juni, gaji yang diterima juga mulai Juni,” jelas Ardiansyah.

Kepada 127 CPNS yang baru saja dikukuhkan, sekarang sudah mulai menjalankan kerjanya di OPD masing-masing.

Sesuai dengan pesan yang disampaikan bupati, supaya CPNS Kepahiang bisa memahami hak dan kewajibannya selaku CPNS.

Karena kinerja yang dijalankan PNS seluruhnya sudah diatur dalam UU yang berlaku.

“Jalankan apa yang menjadi hak dan jauhi apa yang menjadi larangan.

Karena ketika melanggar apa yang telah menjadi larangan tentunya ada konsekuensi yang harus dijalani selaku CPNS Kepahiang,” ujar Ardiansyah.

Sebagai kewajiban utama yang harus dijalankan, tetap menjalankan tugas dengan baik. Karena 127 CPNS Kepahiang sudah tergabung dalam Korp PNS. BACA JUGA: Pengantin Baru Terima Pelangai Paru dan Lado Pusaka

“CPNS juga akan mendapatkan apa yang menjadi haknya, diantaranya TPP, tunjangan, pensiunan dan sejumlah tunjangan lainnya.

Sementara untuk TPP, perlu diketahui jika sekarang sudah diatur dalam kinerja dan absensi.

Ketika CPNS Kepahiang kinerjanya baik, serta absensinya juga baik maka selayaknya untuk mendapatkan TPP penuh,” tambah Ardiansyah.  

Pinjam Bank

Di sisi lain, pascadilakukan pelantikan dan pengukuhan terhadap 127 CPNS Kabupaten Kepahiang, Bank Bengkulu Kantor Cabang Kabupaten Kepahiang pun saat ini mulai melengkapi administrasi untuk memberikan gaji terhadap 127 CPNS Kepahiang.

Ini dilakukan, ketika 127 CPNS Kepahiang waktunya menerima gaji tidak ada lagi kendala yang ditemukan.

Karena Bank Bengkulu sendiri merupakan bank yang melakukan transaksi keuangan daerah, termasuk gaji seluruh ASN Kabupaten Kepahiang.

Pimpinan Bank Bengkulu Kantor Cabang Kabupaten Kepahiang, Hendry Hadinata mengatakan, ketika 127 CPNS Kepahiang dipastikan akan menerima gaji sebagai haknya, dengan itu pula segala sesuatu yang berkaitan dengan administrasi harus disiapkan.

Diantaranya, pengisian formulir identitas pegawai, NPWP dan sejumlah kelengkapan administrasi lainnya.

“Kita inikan bank yang melaksanakan transaksi keuangan daerah termasuk gaji ASN Kepahiang, dengan itu pula menjelang 127 CPNS Kepahiang gajian segala administrasi harus kita persiapkan dulu,” kata Hendry.

Ditanya terkait apakah 127 CPNS Kepahiang, sudah bisa untuk mengajukan pinjaman bank.

Menurutnya, hal tersebut tentunya bisa, sementara maksimal pinjaman sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan sebesar 80 persen dari gaji. BACA JUGA: Imam Masjid Rp 500 Ribu, Kepala Kaum Rp 350 Ribu

Karena pihaknya tidak mungkin memaksimalkan seluruh gaji ASN Kepahiang dihabiskan, lantaran telah ditetapkan dalam aturan. Baca Selanjutnya>>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: