HONDA

Datangkan 5.000 Bibit Ayam dari Jambi

Datangkan 5.000 Bibit Ayam dari Jambi

Desa mendatangkan bibit ayam unggul dari Jambi. foto: dok rb--

 

MUKOMUKO, RAKYATBENGKULU.DISWAY.ID – Program ketahanan pangan, Pemerintah Desa Bandar Jaya, Kecamatan Teramang Jaya, mendatangkan 5.000 ekor anak ayam kampung.

Bibit ayam kampung unggul ini, produksi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (BPPP) Provinsi Jambi. “Bibit ayam kampung unggul ini didatangkan dalam dua tahap. Pertama sebanyak 2.500 ekor, telah tiba pada 26 Juni. Sisanya pada tahap kedua,” ujar Sekretaris Desa Bandar Jaya, Jayadi Adha.

BACA JUGA: Satria Patang Stumang dan Putri CMS Jawara Epriya Cup 2022

 Khusus untuk 2.500 ekor anak ayam yang sudah tiba, dijelas Jayadi dibagi ke kelompok yang sudah dibentuk. Masing-masing 900 ekor untuk Kelompok Berkah Unggas, 400 ekor untuk Kelompok Tunas Makmur 2, dan 1.200 ekor untuk Kelompok Bakul Jaya.

 Kelompok Peternak itu sambung Jayadi, tidak hanya menerima bibit ayam. Tetapi juga diberikan pakan untuk anak ayam tersebut. Dengan alokasi bantuan pakan seberat 100 kilogram untuk setiap 100 ekor anak ayam.

 “Pengadaan anak ayam kampung unggul dan pakan, realisasi dari program ketahanan pangan hayati dan hewani Desa Bandar Jaya. Pengadaannnya menggunakan kuota 20 persen dana desa tahun anggaran 2022,” bebernya.

BACA JUGA: 2 Sapi Suspect PMK di Putri Hijau

 Pihaknya memilih mendatangkan dari Provinsi Jambi lantaran tersedia dalam jumlah yang cukup, dan bisa didatangkan lebih cepat. ‘’Kalau dari Bengkulu membutuhkan waktu lebih lama,” kata Jayadi.

 Dia memastikan bantuan yang diberikan ke kelompok itu bersifat hibah. Meskipun hibah, namun berkelanjutan. Sehingga bantuan yang telah diberikan, tetap akan dipantau perkembangannya. Sebab pemerintah desa menginginkan Desa Bandar Jaya menjadi salah satu desa yang mampu menyediakan dan menyuplai kebutuhan ayam.

 “Bagi kelompok yang berhasil mengembangkan bantuan ini akan dibina lebih lanjut. Kelompok yang ada ini sudah diberikan pelatihan sebelumnya. Mudah-mudahan program ini bisa berhasil sebagaimana yang diharapkan,” demikian Jayadi.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"