HONDA

Sampah Menumpuk di Pintu Air Tanjung Agung

 Sampah Menumpuk di Pintu Air Tanjung Agung

Sampah terlihat menumpuk di pintu air Kelurahan Tanjung Agung, (27/7). foto: rb--

 

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.DISWAY.ID – Pintu Air yang terletak di Kelurahan Tanjung Agung dipenuhi sampah. Menumpuknya sampah mengakibatkan aliran sungai menjadi kurang lancar.

Kepala Pelaksana Penjaga Pintu Air I dan II Balai Wilayah Sungai Sumatera VII, Suari mengatakan penumpukan sampah pada pintu air terjadi karena banyaknya sampah yang terus datang, baik dari masyarakat sekitar maupun dari hulu sungai. 

“Apalagi ketika hujan seperti beberapa hari ini, karena airnya naik menyebabkan banyak sampah yang masuk sungai,” ungkapnya.

BACA JUGA: Sampah Menggunung, Eks TPS Pasar Bengkulu Aktif Lagi

Tugas membersihkan pintu air dari sampah bagian dari tugas yang harus dilakukan secara rutin. Ketika sampah sudah banyak, maka langsung dibersihkan para petugas yang berjumlah 10 orang itu. 

“Pagi tadi (Kamis,red) kami sudah bersihkan, tapi karena sampahnya terus datang, jadi cepat menumpuk,” terangnya.

Ia mengutarakan sampah yang menumpuk didominasi sampah plastik, pohon sawit dan kelapa. Bahkan juga banyak tumbuhan enceng gondok.

Di mana sampah-sampah tersebut dibersihkan secara manual oleh para petugas, lantaran sudah 5 tahun pengait sampah tidak lagi berfungsi. Sehingga pembersihan dapat dilakukan tergantung dengan debit air.

BACA JUGA: Gasak Puluhan Hp dari Konter, Uangnya Buat Beli Samcodin

“Bila airnya melebihi dada, maka belum dapat dibersihkan karena bahaya,” jelasnya.

Oleh sebab itu ia berharap kepada masyarakat untuk dapat memahami kondisi pintu air. Karena kemampuan yang dimiliki saat ini membuat kerja petugas kurang maksimal, untuk membersihkan sampah yang begitu banyak dan menumpuk begitu cepat.

  Apalagi kondisi dasar sungai yang dangkal, membuat air cepat naik, baik karena hujan maupun air kiriman dari hulu.

“Mereka harus tahu bahwa dasar sungai cepat terjadi pendangkalan, karena posisinya kita berada di hilir, sedangkan dataran juga p[osisinya rendah.  

Sehingga apabila pintu air tertutup sampah akan cepat airnya naik, jadi tolong jangan buang sampah sembarangan,” himbaunya. (cw5)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: