HONDA

Dewan Pertanyakan Seragam Gratis SD dan SMP

 Dewan Pertanyakan Seragam Gratis SD dan SMP

ilustrasi anak SD--

 

MUKOMUKO,RAKYATBENGKULU.DISWAY.ID – Sudah berjalan sebulan tahun ajaran baru 2022/2023, seragam sekolah gratis untuk pelajar SMP dan SD tak kunjung terwujud.

Dewan mempertanyakan keseriusan Pemkab Mukomuko.  Padahal anggaran untuk kegiatan itu sudah disetujui anggota DPRD Mukomuko.

Sampai (2/8), DPRD belum mendapatkan informasi, progres dari realisasi program tersebut.

Ditegaskan Ketua PRD Mukomuko, M. Ali Saftaini, SE, pemberian seragam sekolah gratis bagi pelajar SD dan SMP di Kabupaten Mukomuko merupakan bagian dari misi Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko.

BACA JUGA: Pelajar SD dan SMP Dijamin dapat Seragam Gratis

Sehingga wajar, program yang sangat bagus itu dinantikan realisasinya. Apalagi anggaran untuk pengadaan telah diakomodir dalam APBD Kabupaten Mukomuko.

“Mestinya cepat direalisasikan. Apalagi ini akan sangat membantu masyarakat di tengah lesunya ekonomi akibat masih rendahnya harga tandan buah segar kelapa sawit,” tandas Ali.

BACA JUGA: 2 Mantan Dewan dan Eks Kadis Jadi Kades

Dikonfirmasi RB, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mukomuko, Epi Mardiani, S.Pd mengatakan, untuk kegiatan tersebut telah disampaikan ke Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Pemkab Mukomuko.

Pihaknya masih menunggu proses di UKPBJ. ”Jadi sekarang kegiatan itu masih dalam proses,” kata Epi yang enggan berkomentar lebih jauh.

Mengenai sudah diserahkan ke UKPBJ, juga dibenarkan Kepala UKPBJ Pemkab Mukomuko, Bachtiar Syofian, SH. Dinyatanya, kelompok kerja (Pokja) di UKPBJ telah memberikan saran dan solusi kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mukomuko.

Namun sampai kemarin, belum ada respon dari PPK. 

“Tim pokja kita sudah menyampaikan saran dan solusi kepada PPK, saran itu merupakan hasil rapat beberapa waktu lalu,” sebut Bachtiar.

Diantara saran yang disampaikan, pengadaan tersebut hendaknya tidak melalui proses tender umumnya. Melainkan melalui e-katalog.

Pertimbangan demikian, karena dari hasil analisa, akan dapat menghemat keuangan Negara.

BACA JUGA:  Dewan Beri Rekomendasi Empat Temuan BPK RI

“Jika tidak memungkinkan pengadaannya melalui e-katalog. tim pokja juga sudah menyarankan pengadaannya melalui mekanisme tender cepat,” sebutnya.

Mengulas, Pemkab Mukomuko telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp 1,54 miliar khusus untuk pengadaan seragam SD. Dengan target sejumlah 3.432 paket. Sedangkan pengadaan pakaian SMP, dianggarkan Rp 1,2 miliar.

Target pengadaan sebanyak 2.438 paket. 

Dari anggaran tersebut direncanakan pengadaannya untuk setiap siswa baru, mendapatkan satu seragam putih merah untuk siswa SD, putih biru untuk siswa SMP.

Ditampah satu stel pakaian olahraga untuk masing-masing siswa. (hue)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: