4 Penyebab Setir Mobil Narik ke Kanan atau Kiri saat Pijak Rem
Keseimbangan fungsi rem mobil di keempat rodanya harus selalu dijaga.--aris/rb
Daya cengkeram kampas pada piringan cakram juga sangat dipengaruhi permukaan piringan cakram yang mulus dan rata. Jika kondisi permukaan piringan cakram tidak rata jelas akan mempengaruhi kerja kampas saat menjepit piringan cakram.
BACA JUGA:Co-Location ‘SenyuM’ dari BRI, Pegadaian, dan PNM, Mudahkan Pelaku Usaha Akses Layanan Permodalan
Pengereman tidak akan sempurna jika permukaan piringan cakram bergelombang. Selain menimbulkan getar, laju salah satu roda akan selip yang ujungnya menyebabkan setir menarik ke salah satu sisi.
3. Minyak rem bocor;
BACA JUGA:Gerakan Anti Sampah di Pasar Banjar Jawa Barat, BRI Peduli Bantu Kurangi Limbah Pasar 1.500 Kg/Bulan
Tabung dan selang rem harus selalu terjaga kondisinya. Jika ada yang bocor dan menyebabkan minyak merembes, tentu akan menyebabkan tekanan hidrolik rem melemah.
Kondisi ini juga yang sering menyebabkan setir menarik ke kanan atau kiri pada saat pengemudi mengerem.
BACA JUGA:Sakti! 5 Weton Ini Kebal Santet Menurut Primbon Jawa, Terkuak Ini Rahasia Dibalik Kekuatannya
Kondisinya akan semakin parah jika minyak rem dari selang yang bocor menetes ke piringan cakram.
Selain membuat cakram licin, zat kimia minyak rem juga akan merusak kualitas kampas rem. Jika tidak membatu, kampas rem akan getas sehingga lebih singkat usia pakainya.
BACA JUGA:Sultan Minta Bunga KUR untuk UMKM Diturunkan, Ini Alasannya
4. Piston kaliper macet;
BACA JUGA:Asyik, Tambahan Dana Desa 2023 Disalurkan Bulan Depan, Bisa Atasi Kekeringan
Pengereman juga tidak akan seimbang jika kerja piston di kaliper rem tidak sempurna. Piston pada kaliper rawan sekali macet jika kondisi minyak rem kotor. Piston yang macet tidak akan menimbulkan daya tekan pada kaliper yang bertugas menggerakkan kampas rem.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: