BANNER KPU
HONDA

Kuman Penyebab Sakit Gigi dan Gusi Bisa Sebabkan Infeksi Mulut, Sikat Gigi Teratur dan Gunakan Mouthwash

Kuman Penyebab Sakit Gigi dan Gusi Bisa Sebabkan Infeksi Mulut, Sikat Gigi Teratur dan Gunakan Mouthwash

Kuman Penyebab Sakit Gigi dan Gusi Bisa Sebabkan Infeksi Mulut, Sikat Gigi Teratur dan Gunakan Mouthwash--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Seiring bertambahnya usia, kamu akan dianjurkan untuk lebih rajin menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sekadar diketahui terjadi penurunan fungsi tubuh pada orang yang berusia 40 tahun ke atas. Ini yang membuat tubuh kamu rentan mengalami gangguan kesehatan, tidak terkecuali masalah kesehatan gigi dan mulut.

Kesehatan gigi dan mulut itu sangat penting untuk selalu dijaga. Sebab erpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Contohnya saat kamu mengalami sakit gigi atau gusi akibat terinfeksi kuman, kuman yang menjadi penyebab infeksi di dalam mulut dapat menyebar ke organ lain.

Jika kamu tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut, penyakit yang timbul bukan hanya pada area ini saja, melainkan juga akan menyerang organ tubuh lain. Beberapa penelitian menemukan kurangnya menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit tertentu, seperti jantung, stroke dan diabetes.

BACA JUGA:Depresi, Penyakit Berbahaya yang Sering Diabaikan, Mempengaruhi Pikiran, Perilaku dan Kualitas Hidup

Agar gigi dan mulutmu tetap sehat, rajinlah membersihkan gigi setidaknya 2 kali sehari. Kamu dapat melakukannya pada pagi hari setelah makan dan pada malam hari sebelum tidur. Saat kamu hendak menyikat gigi, gunakanlah sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dan dan pasta gigi yang mengandung fluoride. 

Kamu dapat menyikat gigi dengan perlahan dan jangan terburu-buru untuk menghindari gusi berdarah. Kamu juga perlu mengganti sikat gigi tiap 3–4 bulan atau jika bulu sikatnya sudah rusak. Ini sangat perlu diperhatikan, demi mencegah risiko penyebaran infeksi akibat kuman yang menempel di sikat gigi dan agar gigi kamu dapat dibersihkan dengan lebih efektif.

Nah kamu dapat membersihkan sela gigi dengan benang gigi (flossing) setiap kali selesai menyikat gigi. Kamu dapat melakukannya secara perlahan, agar tidak melukai gusi. Karena jika dibiarkan, kotoran yang menempel di sela gigi dapat menyebabkan penumpukan plak yang lama-kelamaan dapat menyebabkan gigi berlubang.

BACA JUGA:Harga Tinggi, Resep Herbal Tanaman Obat Buah Ciplukan yang Terkenal Sejak Zaman Romawi

Lengkapi perawatan mulut dan gigi kamu dengan rutin berkumur menggunakan obat kumur (mouthwash). Namun, kamu harus menghindari penggunaan mouthwash saat baru selesai menyikat gigi, karena dapat menghilangkan fluoride dari pasta gigi yang sudah melapisi permukaan gigi. Kamu dapat memilih waktu yang tepat untuk menggunakan obat kumur, misalnya usai makan siang.

Dengan kamu menggunakan mouthwash, tidak hanya menjauh dari bau mulut dan membuat napasmu lebih segar saja. Berdasarkan penelitian, obat kumur juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan mulut dan gigi, seperti membantu mengurangi plak, menjaga kesehatan gusi dan melindungi gigi.

Perlu diperhatikan untuk tidak makan atau minum setidaknya 30 menit setelah menggunakan mouthwash. Guna mengurangi risiko tertelannya zat atau bahan aktif yang terkandung di dalam obat kumur. Meningkatnya pertumbuhan bakteri di dalam mulut diakibatkan ketika kamu sering mengonsumsi makanan atau minuman yang manis. 

BACA JUGA:Beruntung Juga Sakti! 3 Weton Ini Dilindungi Khodam Macan Kumbang, Pandai Tarik Kesuksesan Lebih Besar

Sebab bakteri jahat menggunakan gula sebagai sumber energinya. Ketika mencerna gula, bakteri tersebut akan menghasilkan zat asam yang dapat merusak enamel gigi.

Oleh sebab itu, kamu harus membatasi konsumsi makanan dan minuman manis yang banyak mengandung gula. Contohnya minuman bersoda, coklat, es krim dan permen. Juga kamu harus batasi mengkonsumsi gula karena dapat mencegah kamu terkena diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: