HONDA

Eksotis Air Terjun Tangga Seribu Rejang Lebong yang Belum Terjamah, Potensi Wisata Arung Jeram

Eksotis Air Terjun Tangga Seribu Rejang Lebong yang Belum Terjamah, Potensi Wisata Arung Jeram

Eksotis Air Terjun Tangga Seribu Rejang Lebong yang Belum Terjamah, Potensi Wisata Arung Jeram--Badri/rakyatbengkulu

CURUP, RAKYATBENGKULU.COM - Eksotis destinasi wisata Air Terjun Tangga Seribu Desa Kepala Curup Kecamatan Binduriang Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu belum terjamah. 

Padahal dengan arus deras yang dimilikinya, aliran sungai yang tercipta daro air terjun ini memiliki potensi wisata atau olahraga arung jeram. Yang cocok bagi penghobi wisata tantangan air.

Bagaimana tidak, Air Terjun Tangga Seribu Kepala Curup ini miliki ketinggian 100 meter. Dengan melewati tangga seribu untuk menuju lokasi ini menjadi tantangan tersendiri. 

Akses menuju air terjun sangat mudah dilalui oleh siapa saja, jaraknya juga tidak terlalu jauh dari jalan raya Curup-Lubuklinggau.

BACA JUGA:Miliki Dua Gradasi Warna, Air Biru Dingin dan Air Putih Keabu-abuan Hangat, Air Terjun Dwi Warna

Derasnya aliran Air Terjun Kepala Curup pernah menjadi primadona dan tulang punggung bagi masyarakat sekitar. Selain itu, pihak PLN juga memanfaatkan derasnya aliran Air Terjun Kepala Curup sebagai pembangkit listrik mini hidro.

Saat ini kondisi akses mendekati Air Terjun Tangga Seribu pun sedikit tertutupi rumput ilalang karena memang sangat jarang dikunjungi apalagi dengan kurangnya faktor keamanan.

"Air Terjun Kepala Curup tidak pernah kehilangan taringnya. Eksotisme keindahan yang ditawarkan tetap menjadi daya tarik tersendiri yang sayang untuk dilewatkan jika ke Kecamatan Binduriang Bengkulu," ungkap warga Kecamatan Binduriang, Hendri.

Dikatakan Hendri dengan pengelolaan dan kerjasama berbagai pihak, isu sosial keamanan dan pemberdayaan masyarakat tentunya dapat melihat potensi tersendiri dari air terjun ini.

BACA JUGA:Nikmati Langsung Air Terjun Trisakti, Sandiaga Bilang Begini

"Apalagi untuk arung jeram sangat menantang sekali bahkan bisa puluhan kilometer arus deras memacu adrenalin menuju Kecamatan Padang Ulak Tanding dan tidak kalah dengan arung jeram Air Ketahun di Kabupaten Lebong," papar Hendri .

Sementara itu, melihat potensi air terjun tangga seribu serta wisata arung jeramnya tak kalah dengan destinasi objek wisata yang ada di Indonesia, kesadaran masyarakat tentang faktor keamanan seperti perlu ditingkatkan.

Sehingga agar para pengunjung tertarik melihat air terjun ini, memerlukan dukungan materi maupun dukungan secara sosial melalui pemberdayaan kesadaran masyarakat tentang kemajuan daerah jika ingin kawasan aman terkendali dengan baik.

"Belum lagi, air terjun ini bisa dijadikan spot untuk memancing ikan semah atau ikan putih. Termasuk pemandangan yang masih alami, pepohonan yang rindang khas pegunungan mengitari wilayah Air Terjun Kepala Curup. Udara yang dialirkan sejuk dan asri semakin menambah betah berlama-lama," demikian Hendri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: