HONDA

Masjid Larabanga di Ghana Ini Modelnya Seperti Situs Tempat Pemujaan Kuno, Konon Dibangun Secara Misterius

Masjid Larabanga di Ghana Ini Modelnya Seperti Situs Tempat Pemujaan Kuno, Konon Dibangun Secara Misterius

Konon dibangun secara misterius, Masjid Larabanga di Ghana ini modelnya seperti situs tempat pemujaan kuno.--Foto: Facebook.com/Masjidkita

BACA JUGA:As Sahabah, Adalah Masjid Paling Tua di Afrika, Infonya dari Zaman Nabi Muhammad

Setelah Ayuba ini bangun keesokan paginya, pondasi dari masjid ini telah muncul dengan cara yang misterius. Ayuba tinggal melanjutkan pembangunan hingga bangunan masjid ini selesai. 

Masjid Larabanga terbuat dari lumpur dan tongkat, dalam bentuk gaya Sudan. Di sebelah pintu masuk terdapat pohon baobab besar tempat Ayuba dimakamkan.

Pada Masjid Larabanga ini mempunyai empat pintu masuk, yang masing-masing diperuntukkan kepala desa, pria, wanita, dan muazin.

Masjid Larabanga ini mempunyai kapasitas yang bisa menampung hingga 200 jamaah. Tentu saja Jumlah ini tidak begitu luas, apalagi ketika salat Jumat, penduduk yang datang bisa mencapai sampai 4.000 orang.

BACA JUGA:7 Kebiasaan Hidup yang Harus Kamu Ubah untuk Hidup Lebih Sehat

Di Masjid Larabanga ini tersimpan Alquran tua dengan tahun pembuatan 1650. Alquran ini dijaga serta dirawat oleh pengurus setempat. 

Pada setiap tahun baru Islam, Alquran ini dibawa pada acara Festival Obor. Dikarenakan berbahan lumpur, kondisi Masjid Larabanga ini rentan roboh dan rusak kalau musim hujan datang. 

Persoalan seperti ini banyak dialami masjid-masjid yang bergaya arsitektur sudan. Karena gaya Sudan ini, lumpur dan rangka kayu yang merupakan penopang utama dari bangunan.  

Di tahun 2002 World Monuments Fund (WMF) mulai melakukan restorasi, dengan mengganti kayu yang telah membusuk, dan memperbaiki portal bangunan, serta merekonstruksi menara dan mihrab yang roboh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: