HONDA

Wow! Inilah 7 Varietas Durian Unggulan Provinsi Bengkulu, Terkenal Karena Rasanya dan Paling Banyak Dicari

Wow! Inilah 7 Varietas Durian Unggulan Provinsi Bengkulu, Terkenal Karena Rasanya dan Paling Banyak Dicari

Wow! Inilah 7 Varietas Durian Unggulan Provinsi Bengkulu, Terkenal Karena Rasanya dan Paling Banyak Dicari--Foto: Facebook.com/falsgaweh

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Sebutan "Durian" diyakini berasal dari istilah bahasa Melayu yaitu kata "duri" yang diberi akhiran "an" yang akhirnya menjadi kata Durian.

Adapun buah durian ini telah dikenal di kawasan Asia Tenggara sejak di abad ke 7 Masehi. 

Terdapat nama lain durian diberbagai daerah seperti, duren sebutan untuk daerah Jawa, gayo, duriang di daerah Manado, dulian di daerah Toraja dan rulen di daerah Seram Timur.

Diketahui tanaman durian ini asalnya dari hutan Sumatera, Kalimantan, dan juga Malaysia yang dulunya dianggap tanaman liar dan tersebar luas ke seluruh Asia Tenggara sampai ke India, Pakistan, dan juga Papua Nugini.

BACA JUGA:Durian Gundul Tanpa Duri: Varietas Durian Khas Lombok

Untuk di Indonesia, tanaman durian ini tersebar di seluruh wilayah Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

Sedangkan pada Pulau Kalimantan dan Papua, tanaman durian ini pada umumnya terdapat di hutan dan sepanjang aliran sungai.

Tidak terkecuali di Provinsi Bengkulu yang merupakan salah satu penghasil durian di Indonesia. 

Buah durian di Provinsi Bengkulu ini juga memiliki berbagai jenis varietas unggulan.

BACA JUGA:Sering Diabaikan, Berikut Cara Membuat Olahan Keripik dari Biji Durian

Seperti Durian Bentara yang merupakan singkatan dari Bengkulu Utara, dimana nama kabupaten tempat buah durian ini berasal.

Selain itu buah durian ini juga memiliki nama lokal seperti Tembaga Lokal Batu Layang dari Desa Batu Layang Kecamatan Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara.

Dimana buah durian ini mempunyai keunggulan bentuk buahnya bulat seperti telur terbalik, buah durian ini mudah dibelah, memiliki aroma harum, memiliki daging tebal dengan biji kecil lonjong, memiliki warna kuning tembaga, dan bisa beradaptasi baik pada dataran rendah. 

Berdasarkan data Tim Pendaftaran Varietas Lokal BPTP Balitbangtan Bengkulu bersama tim dari Balai Penelitian Tanaman Buah atau Balitbu, serta Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Tengah terdapat 7 jenis varietas durian lokal Provinsi Bengkulu yang layak untuk didaftarkan sebagai durian unggulan nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: