HONDA

WOW! Ternyata, Rumah Warga Seluma Banyak yang Belum Miliki Listrik Sendiri, Butuh Jaringan Listrik Gratis

WOW! Ternyata, Rumah Warga Seluma Banyak yang Belum Miliki Listrik Sendiri, Butuh Jaringan Listrik Gratis

WOW! Ternyata, Rumah Warga Seluma Banyak yang Belum Miliki Jaringan Listrik Sendiri--DOK/RB

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Wow ! Ternyata, rumah warga Seluma banyak yang belum miliki jaringan listrik sendiri. Beberapa diantara mereka masih menumpang arus listrik pada tetangga. Bahkan, ada kemungkinan juga memang belum dialiri arus listrik sama sekali.

BACA JUGA:Catat ! 8 Tips Menghemat Energi Listrik di Rumah, Hemat Tagihan, Tidak Bikin Kantong Anda Jebol

Untuk itu, Pemda Kabupaten Seluma melalui Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Perhubungan (Perkimhub) mengajukan usulan pemasangan listrik gratis. Jumlah usulan ini dirancang sebanyak kurang lebih 500 unit rumah tangga. Usulan alokasi anggarannya pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Seluma 2024. 

BACA JUGA:Ini Dia 7 Tips Memilih Kabel Listrik yang Benar

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Perhubungan (Perkimhub) Kabupaten Seluma, Erlan Suadi, membenarkan kalau pengajuan usulan itu untuk APBD Kabupaten Seluma 2024. Langkah Pemda Kabupaten Seluma ini tidak hanya didasari oleh kepedulian kepada masyrakat yang rumahnya belum teraliri listrik. 

BACA JUGA:Skuter Matik Listrik Lambretta Elettra Hadir dengan Kecepatan Tertinggi 110 Kilometer per Jam

Namun, kata Erlan Suadi, sebagai Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Perhubungan (Perkimhub) Kabupaten Seluma, program pengajuan listrik untuk warga yang belum memiliki jaringan listrik sendiri adalah bagian dari peningkatan indeks elektrifikasi di Kabupaten Seluma. Pasalnya, kondisi saat ini indeks elektrifikasi di kabupaten yang berdiri dari pemekaran Kabupaten Bengkulu Selatan masih di angka 90 persen.

BACA JUGA:Viar N2, Sepeda Motor Listrik Stylish dan Modern, Jarak Tempuh 100 Km untuk Sekali Charger

"Ya, saat ini masih cukup banyak masyarakat yang listriknya menumpang kepada tetangga. Sehingga, jika nanti dilakukan pemasangan, maka masyarakat akan tertolong. Rumah mereka dapat memiliki jaringan listrik sendiri," ungkap Erlan Suadi.

BACA JUGA:Ini Dia ! 5 Alasan Kenapa harus Memiliki Sepeda Motor Listrik, Banyak Keuntungannya

Dilanjutkan Erlan Suadi, bahwa per unit jaringan listrik tersebut menelan anggaran sekitar Rp 300 ribu hingga jutaan rupiah. Besaran anggaran itu sangat tergantung dengan jumlah watt yang digunakan. Namun, pihaknya nanti akan melakukan kerjasama dengan PT. PLN Persero. Harapannya dengan kerjasama ini warga akan mendapatkan kemudahan dan potongan harga. 

BACA JUGA:Sepeda Motor Listrik Harga Rp7,9 Juta, Ekonomis dan Berbasis Teknologi Canggih

Terkait usulan yang dirancang oleh Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Perhubungan (Perkimhub) Kabupaten Seluma, saat ini  masih dalam tahap pembahasan oleh TAPD Kabupaten Seluma bersama Banggar DPRD Kabupaten Seluma.

BACA JUGA:Ini Alasan Mobil Listrik yang Diproduksi Indonesia Dijual Murah di Thailand

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: