HONDA

WOW! Bank Indonesia Pernah Merilis Uang Koin Termahal, Bahan Bakunya dari Emas

WOW! Bank Indonesia Pernah Merilis Uang Koin Termahal, Bahan Bakunya dari Emas

Bahan bakunya dari emas, ternyata Bank Indonesia pernah merilis uang koin termahal.--Foto: Facebook.com/Kazaeanmarseloparinding

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Mata uang rupiah merupakan alat tukar yang sah di negara Indonesia, baik berupa uang logam dan juga uang kertas. 

Terdiri dari berbagai pecahan nominal mulai dari Rp100 sampai dengan Rp100.000. Pada saat ini pecahan nominal yang tertinggi ialah uang kertas senilai Rp100.000.

Akan tetapi Bank Indonesia pernah mengeluarkan uang koin yang nilainya cukup jauh nominalnya dari uang kertas ini.

Tetapi sayangnya, uang koin ini telah ditarik oleh Bank Indonesia dan tidak berlaku lagi sebagai alat tukar yang sah pada saat ini.

BACA JUGA:Ternyata Negara Ini dengan Nilai Mata Uang Termahal yang Ada di Dunia

Walaupun demikian uang koin ini menjadi incaran dari para kolektor uang kuno. Untuk harga yang ditawarkan oleh para kolektor ini cukup fantastis.

Berikut ini uang koin termahal di Indonesia yang diburu para kolektor.

Uang koin ini adalah pecahan Rp850.000 yang merupakan bentuk uang koin termahal yang pernah dikeluarkan oleh Bank Indonesia.

Uang koin pecahan Rp850.000 ini ialah merupakan Uang Rupiah Khusus untuk Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang 50 Tahun, Tahun Emisi 1995 (URK TE 1995).

BACA JUGA:BCA akan Tutup Rekening Dengan Saldo 0 Rupiah! Simak Selengkapnya di Sini

Uang koin yang terbuat dari logam emas kadar 0,999 secara resmi dinyatakan tidak berlaku untuk alat pembayaran.

Uang koin pecahan Rp850.000 ini masuk ke dalam daftar uang yang sudah tidak berlaku sejak tahun 2022. Tepatnya sejak 30 Agustus 2022 Bank Indonesia menerbitkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 24/15/PBI/2022.

Terhitung dari tanggal dimaksud URK itu, uang koin Rp850.000 ini tidak lagi sebagai alat pembayaran yang sah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan telah ditarik peredarannya.

Akan tetapi uang koin Rp850.000 ini menjadi buruan para kolektor uang kuno. Para Kolektor ini rela membeli uang koin yang berbahan emas ini harga mencapai ratusan juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"