HONDA

Penemuan Situs Gunung Padang, Benarkah Murni Buatan Manusia?

Penemuan Situs Gunung Padang, Benarkah Murni Buatan Manusia?

Penemuan Situs Gunung Padang, Benarkah Murni Buatan Manusia?--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Situs Gunung Padang merupakan salah satu situs prasejarah peninggalan kebudayaan zaman batu besar (megalitikum) di Jawa Barat, Indonesia.

Tepatnya berada di perbatasan antara Dusun Gunung Padang dan Panggulan Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur.

BACA JUGA:Konsumsi Buah Sawo Bisa Sehatkan Pencernaan, Menjaga Daya Tahan Tubuh, Punya Kandungan Gula Alami

Untuk menuju ke situ Gunung Padang ini, dari persimpangan Kota Kecamatan Warungkondang berjarak sekitar 20 kilometer berada diantara Kabupaten Cianjur dan Sukabumi.

Luas kompleks situs Gunung Padang ini sekiar 900 meter persegi dan terletak di ketinggian 885 mdpl. Situs berada pada area sekitar 3 hektare. Sehingga menjadikan kawasan ini sebagai lokasi punden berundak terbesar di Asia Tenggara.

BACA JUGA:Masker Putih Telur: Mengencangkan Kulit Hingga Bersihkan Pori-pori Wajah, Begini Cara Membuatnya

Situs ini telah mendapatkan perhatian besar, sebab diyakini merupakan suatu bangunan piramida buatan manusia dan tertua di dunia. Berikut beberapa gambaran singkat dan fakta kuat tentang penemuan situs Gunung Padang.

 

Awal penemuan

Ditemukan untuk pertama kali di akhir abad ke-19 oleh kolonial Belanda. Situs Gunung Padang ini diiedentifikasi sebagai daerah perbukitan dengan teras berundak dan bangunan batu. Namun pada masa itu belum disadar arti pentingnya adanya situs padang tersebut.

BACA JUGA:Ini ! Tanaman dan 7 Bahan Alami Paling Ampuh Usir Tikus

 

Adanya penggalian dari ahli geologi

Seorang Ahli Geologi, Dr. Danny Hilman Natawidjaja dari Lembaga Ilmu Pengetahun Indonesia (LIPI) pada abad ke-21 telah melakukan survei di situs Gunung Padang. Dari hasil penemuan tersebut, telah ditemukannya struktur kuno hasil buatan manusia, di bawah permukaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: