HONDA

Jangan Dibandingkan! Ini Dia Dampak Kebiasaan Pilih Kasih pada Anak

Jangan Dibandingkan! Ini Dia Dampak Kebiasaan Pilih Kasih pada Anak

Ini dia dampak kebiasaan pilih kasih pada anak, jangan dibandingkan!--Foto: Freepik.com/freepik

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Memberikan cinta dan kasih sayang kepada anak ternyata tidak semudah kelihatannya.

Orangtua yang memiliki anak kesayangan atau anak emas adalah suatu hal yang wajar. Akan tetapi, jangan sampai rasa cinta pada si anak kesayangan ini malah membuat anak yang lain merasa cemburu dan diacuhkan. 

Sebagai besar orangtua akan membantah jika memiliki anak kesayangan. Namun, cobalah sesekali bertanya pada anak apakah selama ini mereka merasakan dicintai dan diperlakukan secara adil. 

Sebaiknya kenali ciri-ciri orangtua yang pilih kasih pada anak kesayangan, sehingga tidak ada kecemburuan atau rasa iri di antara anak dan membantu bersikap adil sebagai orang tua. 

BACA JUGA:Tips Menjaga Kesehatan Anak Usia 1-2 Tahun Agar Tidak Mudah Sakit

1. Lebih sering berbicara dengan anak kesayangan

Biasanya hal ini terjadi karena orangtua dan anak memiliki hobi yang sama. Lagi-lagi hal ini dapat membuat anak yang lain merasa diacuhkan. 

Ciptakan keadaan dimana anak dapat dating kepada orangtua untuk bercerita, dengarkan dengan seksama dan tanggapi dengan serius tanpa membeda-bedakan.

2. Tidak memberikan hukuman yang setimpal

Jika kesalahan yang dilakukan oleh anak kesayangan ini sama berat dengan yang dilakukan anak yang lain dan orang tua memberikan hukuman yang tidak setimpal, anak yang lain bisa saja merasa kesal dan cemburu. 

BACA JUGA:Awas! Makanan Cepat Saji Ternyata Berbahaya untuk Anak-anak, Ini 6 Gangguan Kesehatan yang Bisa Ditimbulkan

3. Nada suara berbeda saat berbicara pada anak kesayangan

Ciri pilih kasih selanjutnya adalah nada suara yang berbeda saat berbicara, ketika dengan anak kesayangan intonasi suara sangat lembut, tapi berubah datar ketika berbicara dengan anak yang lain.

Selain itu intonasi suara juga berubah menggebu-gebu saat menceritakan anak kesayangan pada orang lain, seperti tetangga atau guru. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: