HONDA

Mudah Lupa? Ini Dia 4 Cara Pertajam Ingatan, Fokus dan Konsentrasi

Mudah Lupa? Ini Dia 4 Cara Pertajam Ingatan, Fokus dan Konsentrasi

Ini dia 4 cara pertajam ingatan, fokus dan konsentrasi bagi Anda yang mudah lupa. --Foto: Freepik.com/freepik

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Semua orang mengetahui bahwa jika ingin agar fisik tetap bugar maka kita harus rajin berolahraga dan kalau  ingin agar kekuatan stamina dan fleksibilitas meningkat, maka  harus melatih tubuh secara rutin.

Banyak dari kita yang tidak memahami bahwa konsep yang sama juga berlaku pada otak. Ada beberapa latihan otak yang bisa membantu untuk meningkatkan kinerja dan mencegah penurunan fungsi otak seiring usia terus bertambah.

1. Ubah Rutinitas Sehari-hari

Rutinitas dapat membantu untuk menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih terstruktur. Tetapi penelitian menunjukkan kalau keterlibatan otak menjadi menurun ketika melakukan kegiatan-kegiatan secara otomatis.

Misalnya mengubah rutinitas, mulai esok hari cobalah untuk bangun lebih awal dan gunakan waktu tambahan yang di miliki untuk melakukan sesuatu yang berbeda di pagi hari, misalnya seperti meditasi atau latihan fisik.

BACA JUGA:Kandungan dan Deretan Manfaat Ginseng Merah untuk Kesehatan, Ternyata Tak Cuma Meningkatkan Energi

Selain itu ubah rutinitas, dengan mengganti susunan kegiatan. Misalnya kalau kamu berolahraga, menonton TV, membersihkan rumah atau menjalankan tugas-tugas yang lain pada waktu tertentu maka coba mengubah urutannya untuk memberikan pola berpikir yang baru pada otak.

2. Cari Rute Baru Menuju Tujuanmu 

Rute yang biasanya di ambil ke tempat kerja, sekolah atau rumah mungkin sudah tertanam dengan dalam di ingatan.

Setelah melewati jalur yang sama berulang kali pasti sudah menghafalnya dan sekarang itu sudah menjadi hal yang mudah.

Namun sayangnya kemudahan tersebut tidak membuat neuron otak menjadi banyak terlibat daripada mengambil rute yang sama setiap hari. Cobalah untuk melewati jalan lain yang tidak pernah di lalui sebelumnya.

BACA JUGA:Kenapa Orang Zaman Dulu Mengunyah Biji Pinang? Ternyata, Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh 

3. Jangan Selalu Mengandalkan Teknologi 

Teknologi merupakan benda lainnya yang membuat hidup kita menjadi lebih enteng, namun kalau tujuannya adalah memperkuat otak maka kita harus membuatnya bekerja lebih keras.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: