BANNER KPU
HONDA

Dibudidayakan Sejak Zaman Yunani Kuno, Ini 6 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

Dibudidayakan Sejak Zaman Yunani Kuno, Ini 6 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

Ini 6 manfaat brokoli bagi kesehatan, dibudidayakan sejak zaman Yunani kuno.--Foto: Freepik.com/freepik

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Brokoli mungkin terlihat tidak menarik. Namun sayuran hijau yang termasuk dalam suku kubis-kubisan ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Brokoli berasal dari Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani kuno sudah dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia sekitar tahun 1970 an dan sekarang cukup populer sebagai bahan pangan.

Banyak manfaat dari sayuran ini. Salah satunya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, setidaknya ada 6 manfaat brokoli bagi kesehatan.

Brokoli merupakan tanaman yang hidup pada cuaca yang dingin. Sebagai makanan biasanya brokoli direbus, dikukus atau dapat pula dimakan mentah.

BACA JUGA:9 Manfaat Air Rendaman Kurma, Salah Satunya dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Namun cara mengolah brokoli yang paling baik adalah dengan dikukus. Hal ini bertujuan agar segala kandungan vitamin dan nutrisi penting dalam brokoli tidak hilang selama proses pemasakan. 

Merebus brokoli akan mengakibatkan sekitar 50% asam folat yang terkandung di dalam brokoli hilang.

Jadi jika ingin mengolah brokoli dengan direbus sebaiknya merebus dengan tidak terlalu lama, cukup merebus selama kurang lebih 5 menit saja. 

Brokoli juga selain mengandung vitamin C dan serat makanan dalam jumlah banyak, brokoli juga mengandung senyawa glukorafanin, yang merupakan bentuk alami senyawa anti kanker sulforafana. 

BACA JUGA:5 Manfaat Labu Kuning, Kandungan Gizinya Baik untuk Kesehatan, Cegah Diabetes dan Bantu Diet

Di samping itu, kandungan kalsium dan vitamin K yang tinggi membuat sayur brokoli  sangat  baik untuk kesehatan tulang. 


Brokoli merupakan tanaman yang hidup pada cuaca yang dingin. Sebagai makanan biasanya brokoli direbus, dikukus atau dapat pula dimakan mentah.--Foto: Freepik.com/freepik

Berikut adalah manfaat brokoli apabila rutin mengonsumsinya :

1. Baik untuk Kesehatan Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: