HONDA

Sebanyak 390 Orang Redkar di Kaur Dikukuhkan

Sebanyak 390 Orang Redkar di Kaur Dikukuhkan

Redkar di Kaur dikukuhkan sebanyak 390 orang.--dokumen/rakyatbengkulu.com

BINTUHAN, RAKYATBENGKULU.COM - Sebagai salah satu upaya meningkatkan pelayanan antisipasi pencegahan dan penanganan kebakaran sebanyak 390 orang anggota Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) di Kaur dikukuhkan.

Pengukuhan digelar 11 Desember 2023 lalu dari seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Kaur oleh Bupati Kaur H. Lismidianto SH MH di Gedung Serba Guna (GSG) Pemkab Kaur

Kepala Dinas Damkar Kabupaten Kaur, Ujang Julisman, S.Sos, M.Si mengatakan, pengukuhan 390 orang Redkar ini langsung didanai oleh Provinsi Bengkulu.

Mengingat saat ini memang Kabupaten Kaur sangatlah kekurangan personel pemadam kebakaran dan juga sarana prasarananya. 

BACA JUGA:Luar Biasa! Kabupaten Kaur Raih Predikat Informatif

"Para Redkar yang dilantik nanti juga akan diberikan baju khusus petugas Damkar untuk membantu apabila terjadinya kejadian kebakaran di masing-masing desanya," kata Ujang. 

Para relawan ini  mempunyai tugas lanjutan ke masyarakat seperti sosialisasi tentang bahaya kebakaran khususnya tata cara pemadaman kejadian api kecil.

Tujuannya agar kejadian kebakaran akan lebih cepat ditangani karena Redkar akan langsung membantu. 

"Jika api belum besar mereka ikut memadamkan, tetapi kalau api sudah besar dan di luar jangkauan, maka mereka bertugas mensterilkan jalan karena biasanya saat kebakaran banyak warga yang menonton," terangnya.

BACA JUGA:Bentuk Gugus GNRM, Pemkab Kaur Dapat Penghargaan dari Kemendagri

Ditambahkannya, para personel Redkar telah dibekali oleh pengetahuan baik teori dan praktik pemadaman api.

Keberadaan Redkar menjadi diperlukan karena di musim kemarau ini, potensi terjadinya kebakaran diperkirakan lebih tinggi dibandingkan pada saat musim penghujan.

Selain melakukan sosialisasi dan pencegahan, mereka memiliki tugas melaporkan kejadian kebakaran kepada Dinas Pemadam Kebakaran dan melakukan upaya pemadaman dini sebelum petugas Pemadam Kebakaran tiba di lokasi. 

"Keberadaan Redkar ini sangat penting sebagai perpanjangan tangan Pemkab ketika terjadi bencana dengan melakukan pertolongan dasar pemadaman sambil menunggu kedatangan petugas pemadam," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"