HONDA

Ultradap Mix Asam Amino, Solusi Tumbuhan Kerdil dan Nutrisi Kriting Daun Pada Cabai

Ultradap Mix Asam Amino, Solusi Tumbuhan Kerdil dan Nutrisi Kriting Daun Pada Cabai

Ultradap Mix Asam Amino, Solusi Tumbuhan Kerdil dan Nutrisi Kriting Daun Pada Cabai --Badri/RB

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Banyak para petani sayuran seperti cabai merah kriting (CMK), tomat dan terong kewalahan saat tanaman tumbuh kerdil dan mengalami kriting daun sehingga produktifitas hasil panen tidak maksimal.

Ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan para petani seperti melakukan penyemprotan untuk mengobati kriting daun karena hama sehingga membuat tanaman menjadi kerdil.

Namun, tidak memberikan nutrisi dan unsur hara tepat bagi tanaman yang mengakibatkan kerusakan jaringan stomata daun untuk fotosintesis. Alhasil tanaman tidak mengalami perubahan signifikan setelah ditanggulangi hamanya. 

Solusi selain melakukan penyemprotan untuk menanggulangi hama yang membuat kriting daun,para petani disarankan memberikan nutrisi dan unsur hara bagi tanaman untuk mempercepat tunas baru sehingga yang kriting daun mulai membuka.

BACA JUGA:Daun Kari dapat Mencegah Kanker Payudara, Lindungi Sistem Syaraf, Menghambat Pertumbuhan Bakteri Penyebab TBC

Salah satu nutrisi dan unsur hara yang tepat untuk mengendalikan kriting daun maupun tanaman tumbuh kerdil ialah produk Zat Aktivator Tanaman (ZAT) yang mengandung 3 unsur organik seimbang (Asam Amino, Asam Fulvat dan Unsur Mikro). Untuk membantu aktivasi pertumbuhan tanaman pada tunas baru, pembungaan, pembentukan buah dan hasil panen. 

Salah satu produknya ialah Ambition dicampur (Mix) dengan Pupuk Ultradap merupakan pupuk majemuk dengan kandungan dua unsur hara makro primer yang sangat dibutuhkan oleh tanaman.

Kandungan hara pupuk ultradap yaitu phospat (P) dan nitrogen (N), dengan persentase kandungan sebesar 60% P dan 12% N. Kandungan P yang tinggi, pupuk ultradap cocok diaplikasikan pada awal pertumbuhan hingga masa pembuahan.

Secara cepat memulihkan tanaman dari stres akibat biotik/abiotik dan penyerapan nutrisi yang lebih baik. Kandungan unsur mikro untuk membantu pertumbuhan, perkembangan dan produktivitas tanaman secara optimal.

BACA JUGA:Perkuat Sinergi, Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Provinsi Gelar Sosialisasi Wasdak

Setelah memahami produknya yang harus dipelajari adalah dosis penggunaan per 16 liter tangki penyemprotan. Para petani disarankan dengan dosis rendah 50 gram Ultradap dan satu tutup botol Ambition diaduk merata dicampur air bersih ke dalam tangki penyemprotan dan juga bisa ditambahkan cairan penembus 1 sendok makan.

Lebih disarankan para petani melakukan penyemprotan pada pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB saat matahari pagi bersinar tidak disarankan pada sore hari dengan interval seminggu sekali sampai tanaman kembali pulih.

Disela waktu lainnya, petani juga disarankan terlebih dahulu melakukan penyemprotan untuk mengendalikan hama yang membuat kriting daun dengan interval 3 hari sekali dan usahakan jangan bercampur dengan pupuk daun, hanya insektisida dan fungisida saja untuk produk tergantung para petani sering menggunakan yang mana.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: