HONDA

8 Tips Mempercepat Smartphone yang Lemot dan Menghemat Baterai

8 Tips Mempercepat Smartphone yang Lemot dan Menghemat Baterai

8 Tips Mempercepat Smartphone yang Lemot dan Menghemat Baterai--freepik.com/freepik/rakyatbengkulu.com

5. Menonaktifkan animasi yang tidak perlu.

Smartphone dikenal dengan animasi dan transisinya yang ramping, tetapi efek visual ini bisa membebani sumber daya smartphone, terutama pada smartphone yang lebih tua dengan daya pemprosesan yang terbatas.

Cara menonaktifkan animasi yang tidak perlu ini dengan membuka Pengaturan, lalu Opsi pengembang (kalau opsi ini tersembunyi, buka Pengaturan lalu Tentang ponsel dan ketuk nomor Bangun tujuh kali dan cari opsi Skala animasi jendela, Skala animasi transisi, dan Skala durasi animator, kemudian atur nilai ini ke 0,5x atau nonaktifkan semuanya.

BACA JUGA:Ingin Beli Smartphone Second? Perhatikan Dulu 10 Tips Berikut Ini Agar Tidak Kecewa

6. Menggunakan aplikasi versi ringan.

Saat ini banyak aplikasi yang menawarkan versi ringan atau lite yang dirancang untuk perangkat dengan perangkat keras yang tidak terlalu kuat. 

Adapun versi ringan ini biasanya memangkas fitur-fitur untuk mengurangi konsumsi sumber daya dan meningkatkan kinerja Smartphone. 

Contohnya Facebook Lite yang menawarkan pengalaman yang lebih ramping dibanding aplikasi lengkapnya, mengkonsumsi lebih sedikit data dan baterai tetapi aplikasi lite ini tetap menyediakan fitur-fitur penting.

BACA JUGA:5 Cara Mengecek Penyebab Charger Smartphone Lambat Penuh Ketika Proses Pengisian Daya

7. Selalu perbarui sistem operasi.

Adapun Pembaruan perangkat lunak Android di smartphone sering kali mencakup peningkatan kinerja dan perbaikan bug yang secara signifikan bisa meningkatkan daya tanggap ponsel. 

Sebaiknya Periksa pembaruan yang tersedia secara teratur dengan membuka Pengaturan kemudian Sistem lalu Pembaruan sistem. 

Kalau pembaruan tersedia maka unduh dan instal.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Smartphone Gaming dengan Spek Terbaik, Main Semua Jenis Game Dijamin Lancar!

8. Reset ulang pabrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: