HONDA

Misteri Gunung Singgalang, Awal Mula Tujuh Manusia Harimau, Kini Dikaitkan dengan Hilangnya Pendaki

Misteri Gunung Singgalang, Awal Mula Tujuh Manusia Harimau, Kini Dikaitkan dengan Hilangnya Pendaki

Misteri Gunung Singgalang, Awal Mula Tujuh Manusia Harimau, Kini Dikaitkan dengan Hilangnya Pendaki--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Gunung Singgalang merupakan sebuah gunung yang berada di wilayah Provinsi Sumatera Barat, Pulau Sumatera dengan ketinggian 2,877 meter.

Dari bentuknya, gunung tersebut sangat mirip dengan Gunung Merbabu di Jawa Tengah. Gunung ini masih aktif, tetapi tidak lagi seaktif sebelum erupsi terakhir pada 1.800 dan memiliki telaga di puncaknya yang merupakan bekas kawah. Telaga tersebut dinamai dengan Telaga Dewi. 

BACA JUGA:7 Alasan Mengapa Perlindungan Matahari Harian Adalah Kunci Kesehatan Kulit

Gunung Singgalang punya kawasan hutan gunung yang sangat lembap dan mempunyai kandungan air yang banyak. Asal mula dari legenda Tujuh Manusia Harimau di Gunung Singgalang sangat membekas dalam kebudayaan setempat.

Legenda tersebut mengisahkan tentang tujuh orang yang punya kemampuan gaib dan kekuatan seperti harimau. Mereka diyakini oleh masyarakat, memiliki kemampuan untuk berubah wujud menjadi seekor harimau dan punya kekuatan mistis yang mumpuni.

BACA JUGA:Update! 4 Rekomendasi Penginapan Murah dan Ternyaman di Kabupaten Kaur, Cocok untuk Libur Natal dan Tahun Baru

Menurut cerita rakyat, pada masa lalu penduduk Desa Singgalang, punya perguruan silat di kaki Gunung Singgalang tersebut. Untuk mematangkan ilmu silat mereka, harus melakukan ritual perjalanan ke dalam hutan Gunung Singgalang, dengan hanya membawa bawang dan garam.

Bila berhasil kembali dengan selamat dan membawa sabuk dari kulit harimau, maka orang tersebut dapat dikatakan telah mempunyai ilmu harimau.

BACA JUGA:Liburan Hemat: 10 Tips Mudah untuk Liburan Seru dan Ekonomis Bersama Keluarga

Kisah misteri Gunung Singgalang di Sumatera Barat, ditambah pesona alam dengan beragam destinasi alam yang sangat menarik. Mulai dari pantai yang indah hingga perbukitan yang hijau.

Dengan adanya tembok-tembok tebing alam yang kokoh dan gunung-gunung menjulang tinggi, menunjukkan keindahan alamnya.

BACA JUGA:Ini ! 4 Jenis dan Dosis Pupuk Tanaman Kelapa Sawit Umur 1 Tahun, Petani pun Wajib Tahu

Gunung Singgalang, tepatnya berada di Kabupaten Agam, menjadi primadona bagi Sumatera Barat, khususnya bagi para penggiat kegiatan alam.

Gunung tersebut merupakan gunung vulkanik yang tidak aktif serta dikelilingi hutan hujan tropis yang masih alami. Pada saat mendaki gunung tersebut, para pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai macam flora dan fauna. Seperti kantong semar, bunga-bunga, burung-burung dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: