HONDA

Tingkatkan Mutu Pelayanan, Puskesmas Sindang Dataran Optimis Terakreditasi, Zainudin: Optimalisasi Pelayanan

Tingkatkan Mutu Pelayanan, Puskesmas Sindang Dataran Optimis Terakreditasi, Zainudin: Optimalisasi Pelayanan

Kepala Puskemas Sindang Dataran Zainudin S.kep memberikan mandat kepada tim Surveyor Komite akreditasi kesehatan Pratama untuk dilakukan Penilaian Akreditasi --Badri/RB

CURUP, RAKYATBENGKULU.COM - Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) 34 tahun 2022, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), klinik, tempat praktek dokter mandiri maupun dokter gigi, itu harus sudah terakreditasi. 

Hal ini sebagai salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan optimalisasi pelayanan terhadap masyarakat. Seperti belum lama ini, Puskemas Sindang Dataran Kecamatan Sindang Dataran Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu melakukan re-akreditasi pada Senin 11-13 Desember 2023.

Re-akreditasi tersebut dilakukan Surveyor Komite Akreditasi Kesehatan Pratama terhadap puskemas yang membawahi enam desa yakni Desa Air Rusa, Desa IV Suku Menanti, Desa Bengko, Desa Warung Pojok, Desa Sinar gunung serta Desa Talang Blitar.

Kepala Puskemas Sindang Dataran, Zainudin S.kep menuturkan selama ini Puskemas Sindang Dataran telah terakreditasi dasar dan baru tahun ini dilakukan Re-akreditasi kembali mengingat waktu Pandemi Covid 19 tidak dilakukan akreditasi.


Kepala Puskemas Zainudin (paling tengah) mengabadikan momen Foto bersama tenaga kesehatan dan admistrasi usai Akreditasi --Badri/RB

BACA JUGA:UPT Puskesmas Sindang Beliti Ilir Melakukan Re-Akreditasi untuk Peningkatan Pelayanan Kesehatan

"Tentu Program Prioritas Nasional (PPN) yang menjadi skala prioritas pelayanan terhadap masyarakat 6 desa di Kecamatan Sindang Dataran, Puskemas kita memiliki 37 orang tenaga medis dan admistrasi," ungkap Zainudin.

Disebutkan Zainudin, pada Senin 11-13 Desember 2023 kemarin Puskemas Sindang Dataran sudah dilakukan re-akreditasi yang meliputi beberapa penilaian dari tim Surveyor KAKP diantaranya dengan verifikasi lapangan langsung ke lokasi Puskesmas. 

Komponen penilaian melibatkan penilaian dokumen, regulasi, kebijakan, penataan ruangan, prosedur pelayanan, hingga melihat langsung pelayanan di lapangan untuk memeriksa kesesuaian dengan dokumen yang diajukan. Tim penilai juga melakukan wawancara dengan lintas sektor terkait keberadaan Puskesmas Sindang Dataran termasuk layanan puskemas terhadap pasien-pasiennya serta lintas sektor.

"Selama ini, Puskemas Sindang Dataran sudah terakreditasi dasar dari penilaian beberapa waktu optimis terakreditasi minimal naik tingkat terakreditasi Madya," papar Zainudin.


Posyandu Melati Desa Warung Pojok Puskemas Sindang Dataran meraih peringkat pertama pada lomba posyandu se-Provinsi Bengkulu --Badri/RB

BACA JUGA:Puskesmas Sumber Urib Terapkan Tranformasi Kesehatan, Paket Integrasi Layanan Primer

Sementara itu, diakui Zainudin Puskemas Sindang Dataran sendiri memiliki inovasi tersendiri untuk menarik minat dan kesadaran masyarakat untuk rutin melakukan posyandu dengan memberikan hadiah.

"Alhamdulillah Posyandu Melati Desa Warung Pojok meriah peringkat pertama se-Provinsi Bengkulu dan berhak mewakili Provinsi Bengkulu untuk mengikuti Lomba Tingkat Nasional," demikian Zainudin. (Pariwara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: