HONDA

Modus Penipuan Online Shop di Media Sosial: Tips Bijak untuk Konsumen

Modus Penipuan Online Shop di Media Sosial: Tips Bijak untuk Konsumen

Tips bijak untuk konsumen menghindari modus penipuan online shop di media sosial.--dokumen/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Fenomena modus penipuan online shop melalui media sosial (medis) semakin merajalela, membuat konsumen perlu meningkatkan kewaspadaan saat berbelanja secara daring.

Terkadang, penipuan ini terjadi melalui promosi dari pengiklan di media sosial, namun saat barang diterima, konsumen malah kecewa karena barang yang dikirim tidak sesuai harapan atau bahkan palsu, merugikan konsumen.

Penipuan dalam transaksi jual-beli online sering melibatkan penjual tidak jujur yang mungkin tidak mengirimkan barang atau mengirimkan barang palsu.

Penipuan semacam ini kerap terjadi di media sosial atau platform marketplace. Meski demikian, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk menghindari risiko penipuan online.

BACA JUGA:Kasus Penipuan Pengadaan Handphone Melibatkan Oknum Bendahara Sekolah, Kuasa Hukum Sebut Tidak Ada Itikad Baik

Penting untuk tidak menyimpan informasi pribadi seperti scan KTP, SIM, atau Kartu Keluarga secara online atau di media sosial.

Sebaiknya, simpan data penting secara offline, misalnya pada flashdisk atau hardisk eksternal, untuk meningkatkan keamanan dan mengurangi risiko peretasan yang dapat terjadi di dunia maya.

1. Kunjungi dan Pilih Situs yang Aman

Sebelum berbelanja online, pastikan untuk selalu memeriksa tingkat keamanan situs web yang akan digunakan. Pastikan bahwa situs web tersebut memiliki sertifikat SSL dengan melihat ikon gembok di sisi kiri kolom URL.

Sertifikat SSL adalah teknologi enkripsi yang melindungi data yang ditransmisikan antara komputer dan server situs web, sehingga informasi pribadi tidak mudah diakses oleh pihak yang tidak berwenang.

BACA JUGA:Sempat Buron, Pelaku Penipuan dan Penggelapan Sepeda Motor Diamankan Tanpa Perlawanan

2. Buat Kata Sandi yang Aman dan Kuat

Hindari penggunaan kata sandi yang mudah ditebak, seperti tanggal lahir, karena ini dapat menjadi celah bagi penipu online.

Buatlah kombinasi kata sandi yang kuat dengan menggabungkan huruf, angka, dan simbol. Dengan kata sandi yang kuat, keamanan akun online Anda akan lebih terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: