HONDA

Keajaiban Danau Baikal yang Dikira Laut, Menjelajahi Keindahan Alam Siberia yang Luas

Keajaiban Danau Baikal yang Dikira Laut, Menjelajahi Keindahan Alam Siberia yang Luas

Menjelajahi keindahan alam Siberia yang luas, keajaiban Danau Baikal.--dokumen/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Saking luasnya Danau Baikal, banyak orang yang mengira danau tersebut adalah laut. Padahal, dimana air yang melimpah di kawasan tersebut adalah sebuah danau.

Danau Baikal merupakan danau air tawar terbesar di dunia berdasarkan volume. Dimana volume air di danau tersebut mencapai 2.361.539 km, atau sekitar 23% dari keseluruhan volume air tawar di permukaan Bumi, dimana hal tersebut jauh lebih banyak dari gabungan volume danau-danau Besar yang ada di Amerika Utara.

Danau ini mempunyai kedalaman maksimum 1.642 m dan merupakan danau terdalam, serta danau tertua di Bumi, yang terbentuk sekitar 25–30 juta tahun yang lalu.

Dimana Danau Baikal merupakan danau terbesar ketujuh di dunia berdasarkan luas permukaan, dengan luas membentang hingga mencapai 31.722 km, sedikit lebih besar dari luas Belgia. Danau Baikal juga merupakan salah satu danau dengan air terjernih di dunia.

BACA JUGA:Leitisvatn Danau Ajaib di Kepulauan Faroe, Seperti Melayang di Atas Laut, Sisi Tebing Jatuh ke Laut

Danau Baikal telah menjadi habitat bagi ribuan spesies tumbuhan serta hewan, dimana sebagian diantaranya adalah spesies endemik di wilayah tersebut. 

Danau tersebut  juga menjadi wilayah pemukiman suku Buryat, yang banyak memelihara kambing, unta, sapi, domba, serta kuda di sisi timur danau, dimana di daerah danau ini mempunyai suhu rata-rata bervariasi, dengan suhu terendah saat musim dingin mencapai −19 °C  dan suhu tertinggi 14 °C, selama musim panas.

Adapun danau Baikal tersebut,  berada pada perbatasan Rusia serta Mongolia. Dengan keunikan yang dimiliki oleh danau ini, sehingga membuat wisatawan terkagum-kagum.

Adapun beberapa fakta unik dari Danau Baikal, adalah sebagai berikut:

BACA JUGA:10 Danau Terdalam di Dunia, Salah Satunya Danau Matano dari Indonesia

1. Merupakan danau terluas, terdalam serta tertua di dunia

Sebetulnya ada danau yang lebih luas dari segi ukurannya, yaitu Laut Kaspia. Namun demikian, Danau Baikal adalah danau yang lebih besar dalam segi volume airnya.

Danau Baikal ini,  juga disebut sebagai danau yang terjernih airnya. Dimana pada saat musim panas, danau tersebut akan dipenuhi oleh es yang meleleh dari pegunungan Siberia.

Begitu jernihnya, maka kita dapat melihat sampai ke kedalaman 39 m di bawah permukaan, danau tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: