HONDA

Ini ! 5 Cara Menguji Keaslian Batu Mulia dengan Sintetis, Pecinta Permata Wajib Tahu

Ini ! 5 Cara Menguji Keaslian Batu Mulia dengan Sintetis, Pecinta Permata Wajib Tahu

Ini ! 5 Cara Menguji Keaslian Batu Mulia dengan Sintetis, Pecinta Permata Wajib Tahu--DOK/RB

2. Inklusi Batu;

Keunikan batu mulia atau batu pertama asli dipastikan tiada duanya. Dengan catatan batu mulia atau batu permata itu memang asli dari alam. Anda wajib memperhatikan inklusi batu mulia tersebut.

Sekalipun batu mulia atau batu permata memiliki warna yang sama, namun pada bagian dalam batu terdapat inklusi yang berbeda. Inklusi merupakan garis retakan, gelombang, titik-titik samar yang membentuk pola tertentu dan unik. 

Inklusi pada batu mulia atau batu permata juga dapat berupa pendaran cahaya yang beragam. Pendaran cahaya yang beragam ini bila Anda memandangnya dari sudut berbeda. Nah..., inklusi ini memang tidak ditemukan pada batu sintetis.

BACA JUGA:Memiliki Kekuatan Mistis, 4 Jenis Batu Akik Ini Datangkan Energi Positif Bagi Pemiliknya

BACA JUGA:Banyak Diburu Kolektor, 4 Batu Akik Ini Ditakuti Oleh Jin

3. Gunakan Tetesan Air;

Tetesan air juga bisa menjadi bagian 5 cara menguji keaslian batu mulia atau batu permata dengan batu sintetis. Anda bisa mencobanya dengan meneteskan air pada bagian batu yang datar, halus atau bagian atas dari batu mulia tersebut. 

Ketika Anda menemukan tetesan air yang diletakkan pada bagian atas batu menggumpal seperti air di atas daun talas, maka batu itu asli. Demikian juga sebaliknya, ketika tetesan air yang diletakan di bagian atas batu mulia terburai, maka dipastikan batu tersebut adalah sintetis.

4. Goreskan di Pasir;

Menggoreskan batu pada pasir juga bagian dari 5 cara menguji keaslian batu mulia dengan sintetis. Ketika Anda melakukan pengujian ini dan mendapati batu mulia atau batu permata tersebut tergores, maka bisa dipastikan palsu. 

Artinya, batu yang tergores bukan batu mulia melainkan sintetis. Demikian sebaliknya, ketika goresan pasir tidak meninggalkan bekas pada permukaan batu, maka dipastikan itu adalah batu mulia atau batu permata asli dari alam.

BACA JUGA:Ini ! 5 Hal yang Menentukan Harga dan Nilai Batu Akik, Bisa Dihargai Miliaran Rupiah

BACA JUGA:Menelusuri Kecantikan Batu Akik Lumuik Sungai Dareh, Permata Istimewa Sumatera Barat

5. Warna Batu;

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: