HONDA

Benarkah Uban Bertambah Banyak Setelah Dicabut? Ini Penjelasan Lengkapnya

Benarkah Uban Bertambah Banyak Setelah Dicabut? Ini Penjelasan Lengkapnya

Ini penjelasan lengkapnya terkait kebenaran uban bertambah banyak setelah dicabut--Foto: Freepik.com/freepik

BENGKULU, RAKYATBENGGKULU.COM - Apakah uban akan bertambah banyak setelah sering dicabut? Pertanyaan  tersebut termasuk kedalam fakta atau mitos.

Ada mitos yang berkembang di negara Indonesia bahwa uban tumbuh lebih banyak setelah dicabut.

Sebenarnya mitos yang berkembang di masyarakat tersebut adalah sesuatu kekeliruan yang tak mendasar. Faktanya bahwa uban merupakan proses genetik menurunnya produksi pigmen pada rambut.

Uban ini terjadi akibat dari salah satunya  selain genetik adalah faktor kekurangan vitamin D, E, B6 dan B12. Selain itu biasanya akibat dari proses penuaan, sehingga menyebabkan penurunan produksi pigmen melanin. 

BACA JUGA:Tak Perlu Cat Rambut, Pakai Jus Rumput Ini Diklaim Ampuh Mengatasi Uban

Uban akan bertambah banyak setelah dicabut merupakan mitos yang salah, sebab pigmen melanin ini menyebabkan warna rambut menjadi hilang hingga timbulah uban.

Pigmen melanin ini biasanya ada pada rambut, kulit, dan mata. Akibat proses genetik yang menurunnya pigmen ini membuat rambut kehilangan warna aslinya dan menjadi abu-abu atau putih, yang umumnya dikenal sebagai uban. 

Tidak ada fakta yang mendukung bahwa uban akan bertambah banyak setelah dicabut. Pertumbuhan rambut berkembang dari folikel rambut di bawah kulit sehingga mencabut uban hanya dapat mempengaruhi rambut yang sudah ada di permukaan kulit.

Bukan masalah proses penuaan yang mempengaruhi timbulnya uban pada seseorang, faktor genetiklah yang sangat menentukan perubahan warna tersebut pada rambut. 

BACA JUGA:Mitos atau Fakta? Bawang Putih Bisa Mengatasi Uban

Umur 15 tahun saja bisa jadi ketika dipengaruhi faktor genetik maka akan tumbuh rambut putih yang sering kita sebut uban. Apakah uban akan bertambah banyak setelah dicabut jelas itu merupakan mitos belaka. 

Penting asupan nutrisi makanan juga salah satu penunjang dalam memberikan  vitamin pada folikel rambut anda. Ada baiknya anda memperhatikan prilaku mencabut uban tersebut akan mempengaruhi beberapa hal berikut : 

- Timbul Rasa Sakit

Jelas ketika melakukan pencabutan uban kulit kepala akan mengantarkan signal kepada otak bahwa prilaku tersebut akan menimbulkan rasa sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: