HONDA

Fatal! Jangan Langsung Pindah Tuas D ke R Parkir Mobil Matic, Ini Penjelasannya

Fatal! Jangan Langsung Pindah Tuas D ke R Parkir Mobil Matic, Ini Penjelasannya

Fatal! Jangan Langsung Pindah Tuas D ke R Parkir Mobil Matic, Ini Penjelasannya--freepik.com/Erik Mclean

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pelajari langkah-langkah mudah dan aman dalam parkir mobil matic. Dapatkan tips berguna untuk memahami teknik parkir yang benar dan aman bagi pemula. 

Memahami cara parkir mobil matic merupakan keterampilan penting bagi pengemudi pemula. Pada saat hendak memarkirkan mobil matic, ada saatnya pengemudi harus memindahkan gigi dari D ke R saat hendak mundur, begini cara amannya!

Ketika mobil yang anda kendarai akan berhenti cukup lama atau sedang berada pada posisi parkir, pengemudi mobil dengan transmisi matik atau bisa juga otomatis biasanya akan langsung memindahkan tuas transmisi dari D (drive) ke P (parking). 

Ternyata, proses tersebut menjadi kurang tepat dan pada akhirnya bisa memengaruhi umur sistem transmisi.

BACA JUGA:Mana yang Lebih Baik untuk Mobil? Lampu LED vs Lampu Halogen

Hal yang sama juga terjadi ketika mobil hendak jalan, pengemudi langsung memindahkan dari posisi P ke D. Akibatnya sebagian pemilik kendaraan akan merasakan hentakan dan suara keras dari transmisi.

Pemilik kendaraan mobil harus benar-benar menguasai teknik parkir terlebih lagi untuk pengemudi pemula yang baru turun ke jalan raya. Ada beberapa bagian jenis parkir, yaitu parkir maju, mundur, dan paralel.

Membutuhkan teknik dan penguasaan skill yang berbeda. Meski begitu, pengendara mobil matik maupun manual juga penting untuk mengatur posisi gigi transmisi.

Pada saat ingin melakukan parkir ada baiknya memindahkan tuas dari D andah bisa pindahkan terlebih dahulu ke posisi N, hal itu dilakukan untuk menghilangkan torsi dari mesin (posisi kaki menginjak rem), selanjutnya anda bisa lakukan rem tangan terlebih dahulu dan pindah ke posisi P sehingga gigi pawl locking tidak terlalu berat karena menahan beban kendaraan.

BACA JUGA:Mencari Mobil Seken Murah? Berikut Solusi 5 Pilihan Mobil dengan Harga 50 Jutaan

Sebagai informasi, saat kendaraan anda berada di posisi P, transmisi dalam keadaan terkunci akibat aktifnya pengunci transmisi.

Ukuran pengunci transmisi ini ternyata memiliki ukuran yang cukup kecil, dan ukurannya akan berbeda-beda pula pada setiap kendaraan, ada yang hanya memiliki panjang dekitar 1 hingga 2,5 cm dengan diameter 3 cm. 

Dan pada saaf parkir pengunci transmisi ini aktif, bisa anda bayangkan benda tersebut harus menahan bobot kendaraan yang besar.

Selain itu, kita akan membahas langkah-langkah sederhana untuk parkir mobil matic dengan benar, berikut diantaranya :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"