HONDA

Tips Merawat AC Mobil Agar Awet dan Tetap Sejuk, 5 Cara Ini Bisa Dilakukan!

Tips Merawat AC Mobil Agar Awet dan Tetap Sejuk, 5 Cara Ini Bisa Dilakukan!

Tips Merawat AC Mobil Agar Awet dan Tetap Sejuk, 5 Cara Ini Bisa Dilakukan!--Ilustrasi foto: freepik.com/kucheruk

BACA JUGA:Mencari Mobil Seken Murah? Berikut Solusi 5 Pilihan Mobil dengan Harga 50 Jutaan

Filter kabin merupakan sebuah saringan udara yang letaknya berada di dalam mobil. Pada mobil buatan Jepang dan Korea, bisanya filter kabin ini dipasang pada blower dari sistem AC mobil dan terletak pada bagian belakang laci dashboard.

Pada dasarnya, fungsi dari filter kabin ini adalah untuk mencegah supaya debu atau kotoran tidak bisa masuk dengan evaporator. Oleh sebab itu, menjaga kebersihan filter kabin juga sangat diperlukan.

Namun dengan seiringnya waktu pemakaian, filter kabin biasanya akan menjadi kotor.

Jika memang kondisinya sudah tidak baik lagi, maka anda juga harus mengganti filter kabin agar AC mobil bisa bekerja optimal dan tetap mampu untuk mendinginkan ruang kabin.

BACA JUGA:Beli Mobil Bekas Tapi Bingung Cara Merawatnya? Tak Perlu Khawatir, Lakukan Saja 7 Tips Ini

5. Jangan mematikan AC mobil dalam jangka waktu yang lama

Cara merawat AC mobil yang terakhir adalah tidak mematikan AC mobil dalam kondisi yang sangat lama. Beberapa orang biasanya memilih untuk tidak menggunakan AC mobil dengan alasan untuk menghemat bahan bakar.

Padahal, pada kenyataannya AC mobil bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros pada saat AC mobil disetel pada suhu yang paling rendah dalam jangka waktu yang sangat lama.

Oleh karena itu, jika anda ingin agar AC mobil bisa tetap awet maka gunakan AC mobil secara normal dan jangan mematikannya dalam durasi yang sangat lama.

BACA JUGA:Ingin Beli Mobil Bekas? Ini 5 Rekomendasi Mobil Bekas Murah yang Tetap Berkualitas

Saat AC mobil jarang atau tidak pernah digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama, sehingga akan muncul endapan debu pada seluruh bagian saluran pendingin.

Selain itu, memastikan AC mobil dalam jangka yang sangat lama juga bisa mempengaruhi kualitas udara yang ada di dalam kabin mobil pada saat mobil dipakai kembali.

Jadi, agar AC mobil bisa tetap bekerja optimal ada baiknya jika anda tetap menggunakan AC mobil seperti biasanya.

Selain itu anda juga bisa memanaskan mesin mobil sambil menyalakan AC mobil sekitar 5-10 menit saja minimal satu kali dalam satu minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: