HONDA

5 Manfaat Ubi Cilembu untuk Kesehatan, Salah Satunya Ampuh Menghambat Perkembangan Sel Kanker

5 Manfaat Ubi Cilembu untuk Kesehatan, Salah Satunya Ampuh Menghambat Perkembangan Sel Kanker

5 Manfaat Ubi Cilembu untuk Kesehatan, Salah Satunya Ampuh Menghambat Perkembangan Sel Kanker--Foto: Instagram.com/superherbsco.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Manisnya ubi cilembu juga bisa anda rasakan dengan berbagai macam manfaatnya. Manfaat dari ubi cilembu untuk kesehatan sangatlah banyak, berkat kandungan senyawa antioksidan dan seratnya. 

Selain itu, ubi ini juga sangat tinggi karbohidrat yang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Ubi cilembu adalah ubi jalar yang dibudidayakan di Desa Cilembu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. 

Dibandingkan dengan jenis ubi jalar yang lainya, ubi cilembu memiliki rasa yang lebih manis. Rasa manisnya berasal dari cairan lengket seperti madu yang keluar dari ubi cilembu pada saat dipanggang.

Menurut penelitian, perbedaan antara rasa manis ini dipengaruhi oleh lokasi budidaya dan masa penyimpanan ubi itu sendiri. Ubi cilembu biasanya disimpan selama 3 minggu sebelum diolah dan di proses, sehingga bisa membuat kadar gula pada ubi cilembu meningkat.


Ubi Cilembu diyakini punya banyak manfaat kesehatan--Foto: Instagram.com/ubi_ma_kepri

BACA JUGA:Jangan Salah! Ini 7 Manfaat Daun Ubi Jalar untuk Kesehatan, Cegah Diabetes Hingga Bikin Kulit Sehat

Kandungan nutrisi didalam ubi cilembu tidak jauh berbeda dengan ubi jalar yang lainnya. Hanya saja, jumlah karbohidrat di dalam ubi cilembu ini memang lebih tinggi dibandingkan ubi jalar yang dibudidayakan di daerah lainnya. Ini karena kandungan serat dan gulanya yang cukup lebih tinggi.

Sebagai perbandingannya, dalam 1 buah ubi cilembu dengan berat sekitar 100 gram, mengandung 20 gram, karbohidrat. Sementara itu, karbohidrat di dalam ubi jalar lainya hanya 17,7 gram.

Meski begitu, kandungan nutrisinya masih tetap sama. Ubi cilembu dan ubi jalar daerah lain sama-sama mengandung protein, serat, vitamin A, vitamin C, magnesium, kalsium, kalium, dan fosfor.

Ubi cilembu juga mengandung karotenoid berupa beta karoten yang memberi warna cerah pada umbi tersebut. Berikut berbagai manfaat dari ubi cilembu untuk kesehatan, diantaranya:

BACA JUGA:Rasanya Manis Nutrisi Melimpah, Ubi Cilembu Digemari Anak-Anak Sampai Orang Tua

1. Mengatasi sembelit

Untuk mengatasi sembelit, anda bisa mengonsumsi ubi cilembu. Pasalnya, ubi cilembu mengandung serat larut yang bisa melunakkan feses dan serat tidak larut dan mampu merangsang gerakan usus agar buang air besar lebih lancar.

Kandungan antioksidan di dalam ubi cilembu ini turut berkontribusi dalam menjaga untuk kesehatan pencernaan, salah satunya bisa mendorong pertumbuhan bakteri sehat di usus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: