HONDA

Keren! Simbol Ritual Tabot Dituangkan dalam Bentuk Tarian, Menghadirkan Budaya Tabot Lewat Tarian

Keren! Simbol Ritual Tabot Dituangkan dalam Bentuk Tarian, Menghadirkan Budaya Tabot Lewat Tarian

Keren! Simbol Ritual Tabot Dituangkan dalam Bentuk Tarian, Menghadirkan Budaya Tabot Lewat Tarian--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Ritual tabot menjadi tradisi tahunan yang dilaksanakan di Provinsi Bengkulu.

Setiap tahun keluarga tabot akan membangun dan membuat tabot sakral dan tabot pembangunan, pembuatan tabot akan dilakukan mulai 1 Muharam. 

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Tertimbun Longsor Setinggi 3 Meter Jalur Lintas Curup - Lebong Lumpuh, Begini Kondisinya

Masih dalam ritual tabot, akan diiringi dengan tarian dan musik dol. Nah tarian tabot ini merepresentasikan ritual tabot yang dilakukan rutian setiap tahun, bahkan kini acaranya dijadikan sebagai agenda tahunan di Provinsi Bengkulu. 

Awalnya tarian tabot ini diciptakan tahun 1987 oleh seniman tari di Bengkulu. Saat itu, Dindin dan rekan-rekannya dari kelompok kesenian mencoba mengubah ritual tabot menjadi sebuah tarian pada tanggal 1-10 Muharam. 

BACA JUGA:Wow! Ini Dia 9 Manfaat Kayu Manis, Baik untuk Penderita Penyakit Ini

Ide penciptaan tari tabot berdasarkan ritual tabot merupakan upaya untuk menghadirkan budaya tabot melalui tari.

Setelah diciptakan, tarian tabot ini ditampilkan pada festival tari Indonesia yang diadakan di istana negara pada tahun 1987 dan mendapat pujian luar biasa. 

Sebab menampilkan tarian yang menceritakan ritual tabot dengan diiringi musik tradisional dol yang gegap gempita. Alat musik Bengkulu sering digunakan dalam ritual tabot. 

BACA JUGA:Solusi Masalah Keuangan, Ini 6 Keunggulan Kredivo Sebagai Aplikasi Keuangan Digital

Sejak dibukanya festival tabot pada tahun 1992, dapat dikatakan bahwa pertunjukan tari tabot dan musik yang diciptakan telah menjadi bagian penting dalam setiap upacara tabot. Sebab merupakan bagian dari ritual 1-10 Muharram.

Tari tabot setiap tahun menjadi kebutuhan dalam festival budaya tahunan, sehingga membuat tari tabot semakin berkembang dan selalu dilombakan dari tahun ke tahun. 

Dalam perkembangannya lahirlah beberapa tarian tabot yang diciptakan oleh para akademisi yang memahami tari berdasarkan ilmu tari. 

BACA JUGA:Ini Dia Sekolah Kedinasan di Bawah Naungan Kementerian Perhubungan di Seluruh Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: setelah diciptakan