HONDA

Jalur Lintas Curup - Lebong Sudah Bisa Dilalui Usai Tertimbun Longsor, Pengendara Diimbau Tetap Hati-hati

Jalur Lintas Curup - Lebong Sudah Bisa Dilalui Usai Tertimbun Longsor, Pengendara Diimbau Tetap Hati-hati

Jalur Lintas Curup - Lebong Sudah Bisa Dilalui Kendaraan Usai Tertimbun Longsor--Dokumen/rakyatbengkulu.com

LEBONG,RAKYATBENGKULU.COM - Kondisi terkini, jalur lintas Curup - Lebong pasca tertimbun Longsor sudah bisa dilalui kendaraan.

Kendaraan roda dua hingga roda empat yang datang dari arah Curup hendak menuju ke Muara Aman atau sebaliknya sudah dapat melintas dikawasan yang sempat tertimbun longsor beberapa jam tersebut.

Peristiwa longsor yang terjadi sejak Minggu 21 Januari 2024 sekira pukul 03.00 WIB di Desa Talang Ratu Kecamatan Rimbo Pengadang Kabupaten Lebong ini, sempat membuat arus lalu lintas lumpuh total.

Kendaraan tidak bisa melintas karena badan jalan tertutup material longsor setinggi 6 meter dengan panjang 25 meter.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Tertimbun Longsor Setinggi 3 Meter Jalur Lintas Curup - Lebong Lumpuh, Begini Kondisinya

Dandim 0409 Rejang Lebong, Letkol Inf Mochammad Renaldy Herbowo S.Sos.,M.Si menuturkan sejak pukul 10.00 WIB anggota kodim bersama Badan penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebong, personil Polres Lebong dan warga sekitar ikut serta bahu membahu membersihkan material longsor di jalan lintas provinsi tersebut.

"Sekitar pukul 15.20 WIB jalur Curup - Muara Aman maupun sebaliknya sudah bisa dilalui roda dua maupun roda empat dengan sistem buka tutup.

Namun, masyarakat yang menggunakan jalur ini diharapkan untuk berhati-hati mengingat curah hujan masih tinggi dan berpotensi setiap hari ada hujan lebat," ungkap Dandim.

Disebutkan Dandim, saat evakuasi material longsor memang cukup lama sekitar 5 jam. Evakuasi material longsor yang menutupi badan jalan ini dilakukan pihaknya dengan unsur terkait, juga dibantu warga setempat dan pengendara yang mau melintas.

BACA JUGA:Update! Jalan Lintas Curup - Lebong Belum Bisa Dilewati Kendaraan, Material Longsor Masih Dibersihkan

Dirinya mengingatkan kepada masyarakat untuk lebih waspada akan potensi hujan lebat yang bisa terjadi setiap harinya.

"Jika terjadi hujan lebat pengendara dihimbau supaya berhenti di Koramil atau di rumah masyarakat mengingat jalanan licin termasuk jika ada musibah longsor atau bencana lain masyarakat jika diharapakan dapat segera melapor ke Babinsa atau pemerintah setempat sehingga bisa langsung kita membantu evakuasi," terangnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Lebong, Tantomi mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kodim 0409 Rejang Lebong, masyarakat serta pihak Polres Lebong yang pada saat hari libur pun masih mau membantu evakuasi material longsor di Desa Talang Ratu Kecamatan Rimbo Pengadang.

"Memang tumpukan material longsor serta pohon tumbang tadi agak menyulitkan personil gabungan membersihkan material longsor. Namun, berkat keuletan akhirnya jalan sudah bisa dilalui, tetap berhati-hati dan saat ini personil masih berada di lokasi mengatur jalur dengan sistem buka tutup," singkatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"