HONDA

Keistimewaan Raudhah, Makam Rasulullah Layaknya Berada di Taman Surga Tempat Mustajab Beribadah

Keistimewaan Raudhah, Makam Rasulullah Layaknya Berada di Taman Surga Tempat Mustajab Beribadah

Keistimewaan Raudhah, makam Rasulullah layaknya berada di taman surga yang menjadi tempat mustajab beribadah. --Instagram/hqraudhahmunawwarah_

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Keistimewaan Raudhah, mimbar Nabi Muhammad dalam berdakwah dan menjadi makam Rasulullah layaknya berada di taman surga tempat yang mustajab dalam beribadah.

Raudhah sebuah tempat yang berada dalam Masjid Nabawi di Madina, tepatnya berada di antara rumah yang kini jadi makam Rasulullah SAW dengan mimbar yang biasa beliau gunakan untuk berdakwah. 

Luasnya sekitar 330 meter persegi, di sinilah sekitar 1400 tahun yang lalu Rasulullah SAW menerima wahyu, beribadah, salat, berdakwah dan juga tempat beribadah para sahabat.

Lokasi Raudhah berbatasan dengan beberapa tempat di area Masjidil Nabawi, dengan sebelah kiri kiblat masjid atau sebelah timur dibatasi oleh kamar Aisyah RA yang saat ini menjadi Makam Rasulullah SAW.

BACA JUGA:Kuliner Nusantara: Pindang Patin Khas Sumatera Selatan, Rasakan Sensasi Asam Gurih yang Lezat

Di kamar inilah Nabi Muhammad SAW wafat, berdasarkan amanahnya, “Tidaklah seorang utusan Allah (Nabi/Rasul) dikuburkan melainkan di tempat ia meninggal".

Di sebelah barat berbatasan dengan mimbar Rasulullah SAW, sebelah selatan merupakan kiblat yang letaknya sejajar dengan mihrab Rasulullah SAW. 

Sebelah utara dibatasi dengan garis sejajar dengan kediaman ibunda Aisyah RA istri tercintanya. Inilah salah satu menjadi keistimewaan Raudhah selain merupakan tempat Rasulullah SAW berdakwah.

Menjalankan ibadah semasa hidupnya juga tempat terakhir beliau hidup di dunia hingga makamnya juga berada di sana.

BACA JUGA:Tari Bubu Terinspirasi Tradisi dan Budaya Masyarakat Bengkulu, Begini Asal Usul dan Maknanya

Hadist menjelaskan keutamaan dan keistimewaan dari Raudhah dalam sabda Nabi Muhammad SAW, "Barangsiapa yang salat di sana (antara kamarku dan mimbarku) seakan-akan ia telah duduk di taman dari taman-taman surga". (Hadist At Tirmidzi dari Ali bin Abi Thalib dan Abu Hurairah). 

Begitu besar makna hadits ini menyatakan Raudhah memiliki kemuliaan dan keutamaan, hingga siapapun yang menjalankan ibadah disana akan dapat banyak sekali syafaat dan pahala.

serta mustajab segala doa yang dipanjatkan, sebagaimana shalat di bagian masjid Nabawi yang lain dilipat-gandakan pahalanya 1000 kali dari salat di masjid lain.

Kecuali Masjidil Haram antara rumahku dan mimbarku adalah taman Raudhah dari taman-taman surga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: