HONDA

Pertamina Terus Mendorong Distribusi LPG Subsidi yang Tepat Sasaran di Bengkulu

Pertamina Terus Mendorong Distribusi LPG Subsidi yang Tepat Sasaran di Bengkulu

Distribusi LPG subsidi yang tepat sasaran di Bengkulu terus didorong Pertamina.--dokumen/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Dalam upaya memastikan bahwa LPG subsidi disalurkan kepada penerima manfaat yang memenuhi syarat, mulai 1 Januari 2024, pengadaan LPG 3 kilogram (Kg) hanya tersedia bagi pengguna yang telah terdaftar.

Plt Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop-UKM) Kabupaten Mukomuko, Nurdiana, menyatakan dukungan pemerintah.

Terutama terhadap kebijakan penyaluran LPG subsidi yang sesuai sasaran kepada kelompok masyarakat berpenghasilan rendah sesuai dengan program Keluarga Penerima Manfaat bantuan sosial.

"Kami mengimbau kepada pangkalan untuk menghindari penyalahgunaan LPG ukuran 3 kilogram karena tindakan tersebut melanggar peraturan," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima rakyatbengkulu.com.


LPG 3 kg hanya dapat digunakan oleh rumah tangga dan usaha mikro yang membutuhkan LPG subsidi untuk memasak, nelayan, dan petani sasaran.--dokumen/rakyatbengkulu.com

BACA JUGA:Pemkab Mukomuko Usul Tambahan Kuota LPG 3 Kg, Tunggu Konfirmasi Pemprov Bengkulu

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Regional Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan, menjelaskan bahwa tujuan program ini adalah meningkatkan transparansi dan akurasi pendistribusian LPG Subsidi 3 Kg.

"Proses pendaftaran dan verifikasi data rumah tangga dan usaha mikro dilakukan di pangkalan resmi LPG 3 kg tanpa memerlukan perangkat smartphone atau gadget milik konsumen," jelas Nikho.

Sales Area Manager Retail Bengkulu, Mochammad Farid Akbar, menjelaskan bahwa sesuai dengan regulasi yang ada, LPG 3 kg hanya dapat digunakan oleh rumah tangga dan usaha mikro yang membutuhkan LPG subsidi untuk memasak, nelayan, dan petani sasaran.

"Kami mengajak masyarakat untuk segera mendaftar dan memverifikasi data NIK KTP dan KK di pangkalan LPG terdekat agar dapat mengakses LPG subsidi dengan harga dan kualitas yang terjamin," tambah Farid.

BACA JUGA:Pembelian LPG Subsidi Menggunakan KTP di Mukomuko Bengkulu Diberlakukan Mei 2024

Di Bengkulu, terdapat 30 agen dan 2631 pangkalan yang siap memenuhi kebutuhan masyarakat akan LPG.

Pertamina berharap agar masyarakat menggunakan LPG sesuai dengan peruntukannya, dengan memprioritaskan penggunaan LPG subsidi 3 Kg untuk kelompok yang membutuhkan.

Sementara itu, LPG non-subsidi seperti Brightgas 5,5 Kg dan 12 Kg disediakan bagi mereka yang mampu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: