HONDA

Pertamina Sumbagsel Memperkuat Komitmen Lingkungan Lewat Program Sampah Jadi Berkah

Pertamina Sumbagsel Memperkuat Komitmen Lingkungan Lewat Program Sampah Jadi Berkah

Lewat Program Sampah Jadi Berkah, Pertamina Sumbagsel memperkuat komitmen lingkungan.--dokumen/rakyatbengkulu.com

PALEMBANG, RAKYATBENGKULU.COM - Pertamina Patra Niaga Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) terus menguatkan komitmennya dalam menjaga lingkungan melalui program Sampah Jadi Berkah.

Program ini melibatkan karyawan dan mitra kerja perusahaan sebagai upaya nyata dalam merayakan Hari Peduli Sampah Nasional.

Bahkan, sebagai bagian dari peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada 21 Februari 2024 lalu, Pertamina meluncurkan program Sampah Jadi Berkah.

"Program ini melibatkan karyawan dan mitra kerja," ungkap Area Manager Communication, Relation, & CSR Pertamina Regional Sumbagsel, Tjahyo Nikho dalam keterangan resmi, Senin, 26 Februari 2024.

BACA JUGA:Kontribusi Positif Pertamina Patra Niaga Sumbagsel, Setor Pajak Rp200 Miliar ke Pemprov Bengkulu

Program Sampah Jadi Berkah ini bertujuan untuk mengurangi jumlah sampah baik organik maupun anorganik di sekitar tempat tinggal.

Kegiatan ini telah dimulai sejak tanggal 12 Februari 2024. Selain di Sumatera Selatan, program serupa juga dilakukan di Provinsi Jambi dengan fokus pada pengelolaan sampah organik.

"Melalui program Sampah Jadi Berkah, kami berhasil mengurangi sekitar 1,5 ton sampah anorganik dan 100 kg sampah organik," jelasnya.

Sampah yang terkumpul kemudian diserahkan kepada mitra binaan Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel untuk diolah menjadi berbagai produk, seperti sabun cuci, tas, karpet, dan kerajinan tangan lainnya.

BACA JUGA:Distribusi Energi Selama Pemilu 2024 Berjalan Lancar, Pertamina Apresiasi Berbagai Pihak

"Sehingga dapat meningkatkan pendapatan bagi masyarakat mitra binaan," ujarnya.

Tjahyo Nikho juga berharap bahwa program ini dapat memberikan dukungan yang signifikan terhadap inisiatif pemerintah dalam pengelolaan sampah.

"Program ini merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap masalah sampah, baik dari rumah tangga maupun lingkungan sekitar. Sampah yang dihasilkan kemudian dapat memberikan manfaat bagi banyak orang, dengan demikian membantu mengurangi masalah sampah di sekitar serta meningkatkan pendapatan masyarakat," imbuhnya.

BACA JUGA:Pertamina Terus Mendorong Distribusi LPG Subsidi yang Tepat Sasaran di Bengkulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: