HONDA

Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong Salurkan BOSP untuk 39.000 Pelajar

Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong Salurkan BOSP untuk 39.000 Pelajar

Ketua Satuan Kerja BOS Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rejang Lebong, Hanapi, menyatakan BOSP untuk 39.000 pelajar disalurkan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong.--Badri/rakyatbengkulu.com

CURUP, RAKYATBENGKULU.COM - Dalam rangka mendukung sektor pendidikan di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat mengumumkan penyaluran dana bantuan operasional sekolah (BOS) kepada lebih dari 39.000 siswa pada tahun 2024.

Ketua Satuan Kerja BOS Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rejang Lebong, Hanapi, menyatakan bahwa dana BOS, kini dikenal sebagai bantuan operasional satuan pendidikan (BOSP), akan disalurkan sebesar Rp38 miliar secara bertahap untuk siswa-siswa tingkat SD dan SMP.

"Dana BOSP ini akan diterima oleh 39.615 siswa, termasuk siswa dari sekolah negeri maupun swasta yang telah terverifikasi dalam data pokok pendidikan (Dapodik)," ungkap Hanapi pada Minggu, 3 Maret 2024.

BACA JUGA:Lengkapi Surat Kendaraan Anda! Mulai 4 Maret Ada Operasi Keselamatan Nala tahun 2024 di Rejang Lebong

Hanapi menjelaskan bahwa siswa tingkat SMP akan menerima dana BOSP sebesar Rp1.100.000 per tahun, sementara siswa tingkat SD akan menerima Rp900.000 per tahun.

"Sebelum pencairan dana tahap pertama pada awal Maret, sekolah penerima telah menjalani bimbingan teknis terkait penggunaan dana untuk memastikan penggunaannya tepat sasaran," tambah Hanapi.

Hanapi berharap agar sekolah-sokolah yang menerima dana BOSP tahun ini dapat memanfaatkannya dengan baik untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.

Penggunaan dana BOSP tahun ini juga mengalami peningkatan, khususnya dalam alokasi anggaran untuk pembelian buku yang meningkat minimal 15 persen dari tahun sebelumnya.

BACA JUGA:Dana Desa 2024 Tiap Desa Bengkulu Selatan: Ini Detail per Desa

"Selain itu, sekolah yang menerima dana BOSP diminta untuk mengelola anggaran pembayaran gaji honorer dengan lebih efisien," imbuh Hanapi.

Dengan penyaluran dana BOSP ini, diharapkan kualitas pendidikan di Kabupaten Rejang Lebong terus meningkat, menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik bagi generasi muda di daerah tersebut.

"Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong terus berupaya meningkatkan dana BOSP setiap tahunnya, demi pemerataan pendidikan dan pemenuhan sarana prasarana yang maksimal," tutup Hanapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"