HONDA

Kaya akan Vitamin C, Ini 5 Jenis Markisa yang Ada di Pasar, Bisa Mengontrol Tekanan Darah

Kaya akan Vitamin C, Ini 5 Jenis Markisa yang Ada di Pasar, Bisa Mengontrol Tekanan Darah

Kaya akan Vitamin C, Ini 5 Jenis Markisa yang Ada di Pasar, Bisa Mengontrol Tekanan Darah --Ilustrasi/ana mariyohana/bing image creator/rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Namanya boleh sama markisa, tapi ada 5 jenis markisa yang ada di pasaran dan biasa dikonsumsi orang. Markisa mengandung vitamin C tinggi dan antioksidan. 

Manfaatnya bisa mengontrol tekanan darah, mencegah peradangan, menjaga kesehatan kulit, menjaga tubuh dari radikal bebas dan menjaga daya tahan tubuh.

Markisa tumbuh dengan baik di wilayah tropis dan subtropis. Buah asal Amerika Selatan ini ada yang menamainya sebagai Passiflora edulis.

BACA JUGA:14 Pejabat Eselon II dan 36 Pejabat Fungsional Pemkab Lebong Dimutasi, Bupati: Tingkatkan Kinerja!

Smeentara di negara sumbernya, markisa dikenal dengan nama Granadilla atau dalam bahasa Inggris dianggap menjadi “Passion Fruit”.

Bagian dari buah markisa yang dikonsumsi berupa selaput kuning yang mengelilingi biji dan terdapat pada rongga butir atau biasa disebut pulp. 

 

1. Markisa Konyal

Markisa konyal memiliki nama latin Passiflora lingularis. Peneliti menyebut jenis markisa ini sebagai markisa hutan, markisa anggun atau sweet granadilla. Sirup markisa koyal menjadi buah tangan atau oleh-oleh khas Medan.

BACA JUGA:Ekosistem Digital BPJS Kesehatan, Jadi Best Practice Jaminan Sosial Dunia, Cakupan Kepesertaan Terbesar

Konyal dianggap sebagai markisa anggun karena memiliki rasa pulp butir yang manis dan menyegarkan. Bisa dikatakan markisa konyal memiliki tingkat keasaman yang rendah.

Ketika masih muda, butir ini berwarna ungu dengan semburat hijau. Setelah masak warnanya akan berubah menjadi kuning tua hingga jingga, dengan bentuk buah yang lonjong.

Biasanya markisa konyal hanya tumbuh dan berbuah bila ditanam di daerah dataran tinggi dengan ketinggian 1000 m pada atas bagian atas laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"