HONDA

Benarkah Batasan Harian Makan Kurma Hanya 3 Butir Sehari? Berikut Ini Waktu yang Tepat Mengkonsumsinya

Benarkah Batasan Harian Makan Kurma Hanya 3 Butir Sehari? Berikut Ini Waktu yang Tepat Mengkonsumsinya

Benarkah Batasan Harian Makan Kurma Hanya 3 Butir Sehari? Berikut Ini Waktu Yang Tepat Mengkonsumsinya--Tiktok/herbalsehat

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Benarkah batasan harian makan kurma hanya 3 butir sehari? Berikut ini waktu yang tepat untuk mengkonsumsi buah kurma disaat bulan puasa.

Kurma menjadi makanan wajib yang dikonsumsi pada saat bulan puasa, sehingga kandungan nutrisi pada kurma setidaknya dapat menggantikan energi selama berpuasa dan juga menjadi sunnah Nabi.

Sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW agar umat Islam mengonsumsi tiga butir kurma saat berbuka puasa, dimana buah ini mengandung tinggi zat besi, protein, dan antioksidan.

Anti oksidan yang dimiliki oleh kurma berfungsi sebagai teraupetik dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit, ternyata kurma juga mengandung karbohidrat sederhana.

BACA JUGA:Wow! Ini 5 Jenis Kurma Termahal di Dunia, Nomor Satu Paling Disukai Nabi Muhammad SAW

Karbohidrat kurma tidak seperti nasi karena sifatnya yang mudah dipecah dan diserap tubuh sehingga mampu dengan cepat diubah menjadi energi yang siap dipakai tubuh. 

Mekanisme tubuh dalam mengubah karbohidrat menjadi gula pada kurma tergolong rendah ke normal, sehingga jangan takut bagi penderita diabetes karena baik untuk tubuh.

Namun, harus ada balasannya karena sifatnya yang normal tidak mengakibatkan terjadinya hiperglikemia atau tingginya kadar gula dalam darah, akan tetapi harus memiliki aturan memakannya. 

Benarkah hanya 3 butir perhari dianjurkan dalam mengkonsumsi kurma? Berpuasa selama 14 jam dianjuran untuk mengonsumsi kurma setelahnya yang ternyata memberikan dampak baik.

BACA JUGA:Bukan Cuma Ajwa dan Sukari, Ternyata Ini 5 Jenis Kurma Terlaris dan Paling Dicari Saat Ramadhan

Apabila kurma dikonsumsi saat berbuka puasa dengan keadaan perut kosong maka dapat menurunkan rasa lapar dan mampu mengembalikkan kesegaran tubuh dengan cepat baik untuk kesehatan.

Kebutuhan karbohidrat dapat digantikan dengan kurma yang dinilai menjadi makanan yang baik dikonsumsi, untuk memenuhinya yang dibutuhkan setelah berpuasa dengan kandungan gizinya.

Terdiri dari gula dengan komposisi sebesar 70%, dalam satu buah kurma dengan berat sekitar 8,3 gram mengandung energi sebesar 23 kalori lebih besar 1,5-1,8 kali lipat dibanding dengan gula tebu. 

Kurma mengandung protein pada 100 gram buah kurma basah sebesar 1,4-1,7 gram dan meningkat menjadi 2,14 gram dalam 100 gram apabila dikonsumsi dalam bentuk buah kurma kering. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: