HONDA

BMKG Prediksi Bengkulu Akan Berpotensi Hujan Lebat Selama 5 Hari ke Depan

BMKG Prediksi Bengkulu Akan Berpotensi Hujan Lebat Selama 5 Hari ke Depan

BMKG Prediksi Bengkulu Akan Berpotensi Hujan Lebat Selama 5 Hari ke Depan--Instagram.com/ beritakotabandung

BENKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi Provinsi Bengkulu masih akan dilanda hujan lebat selama 5 hari ke depan hingga 14 Maret 2024.

Intensitas cuaca disertai dengan kilat dan juga angin kencang, wilayah-wilayah yang akan berpotensi hujan meliputi wilayah Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Pada wilayah Sumatera diantaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Lampung.

Selanjutnya wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

BACA JUGA:Wow! Ini 5 Jenis Kurma Termahal di Dunia, Nomor Satu Paling Disukai Nabi Muhammad SAW

Selanjutnya wilayah Jawa meliputi, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur.

Sedangkan wilayah Sulawesi diantaranya, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat. 

Termasuk juga wilayah Maluku, Papua Barat dan juga Papua.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG RI, Guswanto, M.Si dalam rilisnya juga menyebutkan bahwa akan ada bakal terjadinya potensi banjir pada wilayah pesisir.

Banjir ini yang disebabkan karena adanya fenomena Super New Moon atau fase Bulan Baru yang bersamaan dengan Perigee atau jarak terdekat antara bulan ke Bumi. Hal ini juga akan terjadi pada tanggal 10 Maret 2024.

BACA JUGA:10 Hal yang Bisa Membatalkan Puasan yang Wajib Diketahui!

Peristiwa ini juga berpotensi akan meningkatkan ketinggian pasang air laut yang maksimum. 

Berdasarkan dari pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi akan terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia.

Diantaranya beberapa wilayah pesisir yang akan terkena banjir rob yakni Pesisir Sumatera Utara, Pesisir Kepulauan Riau, Pesisir Banten, Pesisir Jawa Tengah, dan juga Pesisir Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"