HONDA

BMKG Prediksi Bengkulu Akan Berpotensi Hujan Lebat Selama 5 Hari ke Depan

BMKG Prediksi Bengkulu Akan Berpotensi Hujan Lebat Selama 5 Hari ke Depan

BMKG Prediksi Bengkulu Akan Berpotensi Hujan Lebat Selama 5 Hari ke Depan--Instagram.com/ beritakotabandung

Oleh karena itu, berdasarkan dari analisis cuaca terkini, BMKG sudah mengidentifikasi masih adanya potensi peningkatan curah hujan di beberapa wilayah termasuk juga dengan Provinsi Bengkulu.

Dinamika atmosfer yang juga dapat memicu peningkatan curah hujan tersebut diantaranya, Aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO), serta fenomena Gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial yang aktif pada wilayah Indonesia.

Peningkatan dalam kecepatan angin dari utara Indonesia hingga melintasi equator melalui Selat Karimata yag mengindikasikan aktivitas Cross Equatorial Northerly Surge (CENS).

BACA JUGA:Hadiri BRI Microfinance Outlook 2024, Menkop UKM Teten Masduki Puji Inovasi Pembiayaan UMKM yang Dilakukan BRI

Potensi pembentukan pusat tekanan rendah di Samudera Hindia Barat Daya - selatan Jawa dan Australia bagian utara yang juga dapat memicu terbentuknya pola pumpunan dan perlambatan angin di Indonesia bagian selatan.

Dan kondisi tersebut juga mampu untuk meningkatkan potensi hujan dan memicu potensi dampak gangguan aktivitas, banjir, dan tanah longsor.

 

 

Artikel ini telah terbit di koranRB.ID yang berjudul: Prediksi BMKG! Hujan Lebat di Wilayah Bengkulu Berpotensi Terjadi Hingga 5 Hari ke Depan

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: