HONDA

4 Pantangan Tidak Boleh Dikerjakan pada Saat Hari Raya Nyepi, Apa Saja? Simak Penjelasannya

4 Pantangan Tidak Boleh Dikerjakan pada Saat Hari Raya Nyepi, Apa Saja? Simak Penjelasannya

4 Pantangan Tidak Boleh Dikerjakan Pada Saat Hari Raya Nyepi, Apa Saja? Simak Penjelasannya--Instagram/denpasarkota

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Hari Raya Nyepi akan dilaksanakan pada 11 Maret 2024 nanti untuk itu umat Hindu dilarang melakukan 4 pantangan yang tidak boleh dikerjakan.

Pantangan tersebut pada saat hari raya Nyepi dilarang bagi umat hindu melakukannya karena aktivitas tersebut dapat mengganggu kekusyukan dan inti dari tujuan Nyepi.

Pada intinya perayaan ibadah umat Hindu yakni Nyepi merupakan refleksi diri sehingga momentum tersebut digunakan untuk evaluasi diri, serta memohon pada Tuhan.

Hal ini bertujuan untuk menyucikan Bhuana Alit (alam manusia) dan Bhuana Agung (alam semesta) sehingga kembali suci dengan melakukan semua ritual upacara adatnya.

BACA JUGA:Mengenal Tradisi Ogoh-Ogoh pada Perayaan Hari Raya Nyepi, Ada Sejak Tahun 1980an

Apa saja pantangan yang harus dilakukan umat Hindu? Simak penjelasan berikut 4 pantangan yang dilarang dilakukan umat Hindu saat Hari Raya Nyepi selama dalam kurun waktu 24 jam diantaranya:

1. Amati Geni

Pantangan pertama Amati Geni artinya selama Nyepi berlangsung umat Hindu dilarang untuk menyalakan api, lampu dan benda lainnya karena harus bersih.

Hal tersebut ditujukan sebagai bentuk simbolis dalam melawan hawa nafsu duniawi untuk tidak menyalakan hal yang berbau dengan api dalam pelaksanaan 24 jam Nyepi.

2. Amati Karya

Pantangan kedua yakni Amati Karya yaitu selama nyepi dilarang untuk melakukan pekerjaan atau bekerja disaat Nyepi berlangsung umat Hindu diharuskan untuk fokus introspeksi diri.

Merefleksi diri dari segala tindakan yang pernah dilakukan sehingga harus merenunginya agar dapat mengetahui kesalahan diri dan dapat memperbaikinya akan lebih baik lagi.

BACA JUGA:Om Mobi dan Fitra Eri Cobain Wuling Air EV, Mobil Mini Terbaik di Asia

3. Amati Lelungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: