HONDA

10 Manfaat Pohon Kina untuk Kesehatan, Bisa Menyembuhkan Penyakit Malaria, Juga Melindungi Kulit

10 Manfaat Pohon Kina untuk Kesehatan, Bisa Menyembuhkan Penyakit Malaria, Juga Melindungi Kulit

10 Manfaat Pohon Kina untuk Kesehatan, Bisa Menyembuhkan Penyakit Malaria, Juga Melindungi Kulit --rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pohon kina, yang merupakan bagian dari genus Cinchona termasuk dalam kelompok tumbuhan yang tergolong langka dan biasanya tumbuh di hutan hujan tropis, khususnya di Indonesia. 

Keunikan pohon ini terletak pada kandungan quinine di dalam kulitnya, yang bersifat antimalaria dan telah lama digunakan dalam pengobatan malaria. Selain itu, juga bisa melindungi kulit. 

Keberadaan senyawa quinine di alam harus dijaga karena peran pentingnya dalam menyediakan obat untuk penyakit serius seperti malaria.

BACA JUGA:8 Hal Menjadi Penyebab Kebakaran di Rumah, Bukan hanya Korsleting Listrik

Karena khasiat ini, pohon kina telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad dan masih digunakan saat ini dalam berbagai bentuk seperti ramuan atau kapsul untuk mengobati dan mencegah penyakit malaria. 

Malaria merupakan penyakit yang serius, keberadaan pohon kina dan senyawa quinine yang terkandung di dalamnya memiliki nilai yang sangat penting dalam upaya pengobatan dan pencegahan penyakit tersebut.

 

1. Menurunkan demam

Kina adalah tanaman yang digunakan dalam pengobatan untuk menurunkan demam, terutama yang disebabkan oleh malaria. Karena kina mengandung senyawa quinine, yang memiliki efek antimalaria. 

BACA JUGA:Ini 7 Jurusan Kuliah Yang Paling Banyak Dicari Perusahaan BUMN!

quinine bekerja dengan mengganggu siklus hidup parasit malaria dalam tubuh manusia, sehingga membantu mengurangi gejala demam yang disebabkan oleh infeksi malaria. 

Oleh karena itu, kina telah digunakan secara tradisional sebagai obat untuk menangani demam yang terkait dengan penyakit ini.

 

2. Menyehatkan jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: