HONDA

Bantuan Partai Politik di Rejang Lebong Disiapkan Senilai Rp1,02 Miliar

Bantuan Partai Politik di Rejang Lebong Disiapkan Senilai Rp1,02 Miliar

Di Rejang Lebong Bantuan partai politik disiapkan senilai Rp1,02 miliar. --Badri/rakyatbengkulu.com

CURUP, RAKYATBENGKULU.COM - Anggaran sebesar Rp1,02 miliar telah dialokasikan untuk bantuan partai politik (Parpol) tahun ini, yang ditujukan khusus untuk partai pemenang dalam Pemilu 2024.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Rejang Lebong, Zulfan Efendi menjelaskan, bahwa bantuan tersebut akan diberikan kepada partai politik yang berhasil memperoleh kursi di DPRD Kabupaten Rejang Lebong.

"Persiapannya telah selesai, dan penyalurannya akan menunggu pelantikan 30 anggota DPRD Kabupaten Rejang Lebong yang baru. Jadwalnya di Agustus mendatang," ungkap Zulfan Efendi, Rabu, 20 Maret 2024.

Ia juga menyebutkan bahwa anggaran sejumlah Rp1,02 miliar tersebut telah termasuk dalam APBD Kabupaten Rejang Lebong tahun 2024.

BACA JUGA:Dampak Evaluasi dan Pilkada 2024, Program BKK untuk 122 Desa di Rejang Lebong Dihentikan

"Besarannya akan ditentukan berdasarkan peningkatan dari tahun sebelumnya, naik dari Rp7.205 menjadi Rp11.700 per suara. Penentuannya akan mempertimbangkan pelantikan anggota dewan yang baru," terang Zulfan.

Untuk menentukan alokasi bantuan kepada masing-masing partai politik, akan dilakukan perhitungan berdasarkan penyesuaian dari hasil pemungutan suara sebelumnya dan setelah peningkatan tersebut.

"Dana bantuan ini akan dialokasikan 40 persen untuk biaya operasional sekretariat partai, dan 60 persen untuk kegiatan pendidikan politik. Penerima bantuan diharapkan menggunakan dana tersebut sesuai dengan peruntukannya, karena penggunaannya akan diaudit oleh BPK setiap tahun," tambah Zulfan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: