HONDA

Bersihkan Diri dari Dosa dengan Zakat Fitrah, Bentuk Ketaatan Pada Allah, Hukumnya Wajib Bagi yang Mampu

Bersihkan Diri dari Dosa dengan Zakat Fitrah, Bentuk Ketaatan Pada Allah, Hukumnya Wajib Bagi yang Mampu

Bersihkan Diri dari Dosa dengan Zakat Fitrah, Bentuk Ketaatan Pada Allah, Hukumnya Wajib Bagi yang Mampu --Instagram.com/ACT//

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim dengan kategori mampu pada bulan Ramadhan. Zakat ini sebagai tanda syukur atas kesempatan berpuasa selama sebulan penuh. 

Zakat fitrah harus dikeluarkan sebelum pelaksanaan salat Idul Fitri dilaksanakan. Besarannya ditetapkan berdasarkan jenis makanan pokok yang lazim dikonsumsi oleh penduduk setempat, seperti beras, gandum, kurma atau lainnya.

Ada ketentuan atau syarat orang yang wajib membayar zakat fitrah. Terutama dia harus beragama Islam atau Muslim. Sebab zakat fitrah ini tidak wajib bagi non muslim.  

BACA JUGA:Mengapa Harga iPhone Semakin Terjangkau? Temukan Penyebabnya di Sini!

 

1. Beragama Islam 

Sesuai dengan ketentuan dan syariat dalam agama Islam, membayar zakat fitrah wajib dilakukan bagi seorang muslim. Membayar zakat fitrah ini sebagai bentuk ketaatan seorang hamba kepada Sang Pencipta. 

 

2. Kemampuan 

Orang tersebut harus mampu, dalam artian punya kemampuan untuk membayar. Kemampuan ini diukur dengan memiliki kelebihan harta yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri dan keluarga pada hari raya Idul Fitri.

 

3. Kepemilikan 

Orang tersebut harus memiliki harta atau kelebihan bahan makanan yang layak dikenakan zakat fitrah.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak April 2024: Prediksi Cinta dan Kehidupan Kamu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"